Jangan Asal, Begini Caranya Parkir Motor dengan Aman

Jangan Asal, Begini Caranya Parkir Motor dengan Aman

Foto - Host - Ilustrasi--

OKUTIMURPOS - Di indonesia sendiri masih banyak kerap terjadi pencurian sepedah motor. Untuk menghindari itu ada banyak hal yang harus kita wajib ketahui tentang sepeda motor supaya tidak mencadi korban kejahatan pencurian.

Kita pastinya tidak pernah menginginkan musibah terjadi, namun paling tidak jika kita memahami prosedur peringatan dan salah satu upaya yang dapat meminimalisirkan resiko dari pencurian saat memarkirkan kendaraan kita.

Faktor yang menyebabkan pencurian motor biasanya faktor ekonomi, faktor lingkungan, faktor pendidikan, faktor penegakkan hukum, dan faktor individu. 

Salah satunya cara yang aman yaitu kita masukkan motor ke pekarangan rumah dan jangan lupa kunci pagar saat sudah berada di rumah adalah cara tepat.

Berikut cara menghindari tindak pidana pencurian sepeda motor:

  1. Mengunci Stang ke Arah Kanan Salah satu langkah penting untuk mencegah pencurian motor adalah dengan mengunci stang ke arah kanan. Ini adalah metode efektif untuk menghambat pergerakan motor dan mencegah pencurian untuk membobol kontak motor dengan menggunakan kunci T. Menguncing ke arah kanan dapat menghambat geraknya para pencuri motor sehingga akan terasa sedikit sulit untuk membukan kunci dan menghidupkan mesin.
  2. Kunci Blok Rem. Jenis pengamanan ini akan mengunci Blok Rem anda sehingga Rem akan membuat motor tidak akan jalan.
  3. Parkir di Tempat yang Aman Untuk meminimalisir pencurian motor alangkah baiknya ketika parkir di suatu tempat posisikan motor kita pada sorotan CCTV yang biasa di pasang tempat parkiran, paling tidak selalu ada mata yang mengawasi kendaraanr kita.
  4. Selain itu ada juga hal yang utama untuk membuat kita lebih waspada terhadap pencurian sepeda motor kita yaitu dengan memasang alarm. Beberapa motor keluaran terbaru memang dibekali dengan fitur alarm.

Nah, jika kendaraan yang Anda miliki belum memiliki fitur yang satu ini, maka kamu perlu khawatir karena Anda bisa menambahkannya sendiri dengan membeli alarm motor versi aftermarket.

Pemasangan alarm pada motor ini dapat menyebabkan bunyi yang keras sehingga dapat membuat maling kelabakan saat hendak mencuri kendaraan kita.

Selain membuat pencuri terkejut, alarm pada motor juga bisa menarik perhatian orang sekitar dan membuat mata orang seakan akan lebih terfokus kepada kendaraan bermotor kita yang berbunyi keras.

Pemasangan alarm ini mudah di temui di bengkel sekitar anda. Hanya menggunakan Remot alarm dari jarak jauh motor bisa kita amankan.

BACA JUGA:Begini Tips Merawat Motor Matic Agar Tahan Lama dan Performa Maksimal

Itulah beberapa cara efektif untuk menghindari dari pencurian motor yang bisa anda lakukkan. perlu di perhatikan bahwa jangan sampai anda ceroboh meletakkan atau menaruh motor sembarangan dengan itu membuat para maling berniat jahat.(MRP)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: