FIF Bukukan Peningkatan Laba Bersih Sebesar 30,9% di Kuartal III 2023
FOTO : FIF - FIF memberikan layanan pembiayaan yang didukung oleh 5 brand services, yaitu FIFASTRA yang merupakan jasa pembiayaan sepeda motor baru Honda, DANASTRA yang merupakan jasa pembiayaan multiguna, SPEKTRA yang merupakan jasa pembiayaan multiprodu--
JAKARTA - PT Federal International Finance (FIF) yang merupakan anak perusahaan PT Astra International Tbk dan salah satu bagian dari Astra Financial membukukan pertumbuhan kinerja positif pada periode Januari – September 2023.
Laba bersih perseroan atau hingga Kuartal-III 2023 meningkat sebesar 30,9% menjadi Rp3,0 triliun dibanding periode yang sama tahun 2022 yang mencapai Rp2,3 triliun. Presiden Direktur PT FIF, Margono Tanuwijaya, mengatakan bahwa pertumbuhan kinerja yang telah dicapai oleh PT FIF hingga Kuartal-III tahun 2023 ini didukung oleh berbagai strategi perusahaan yang diimplementasikan dalam menghadapi dinamika bisnis yang terjadi pada bisnis perusahaan pembiayaan.
“FIFGROUP terus mengoptimalkan pengembangan teknologi dan keterhubungan bisnis di dalam maupun di luar Astra guna memperkuat ekosistem bisnis FIFGROUP secara internal yang didukung dengan kontrol di jaringan kami.
Hal ini diharapkan dapat mempertahankan customer lifetime value yang dimiliki oleh FIFGROUP dan kolaborasi baik di ekosistem Astra,” tutur Margono. Selain mencatatkan pertumbuhan kinerja secara laba bersih, di tengah menggeliatnya perekonomian Indonesia yang berdampak kepada peningkatan konsumsi masyarakat, FIFGROUP juga mencatatkan peningkatan nilai pembiayaan di Kuartal-III 2023 yang dikeluarkan oleh perusahaan, yakni sebesar Rp31,8 triliun.
Angka tersebut naik sebesar 28,1% dibanding periode yang sama pada tahun 2022 senilai Rp24,8 triliun. Di samping itu, jika dilihat dari pencapaian pembiayaan yang dikeluarkan secara unit, pada Kuartal-III 2023 PT FIF membukukan pembiayaan sebanyak 2,4 juta unit, atau meningkat sebesar 19,9% dibanding periode sama pada tahun sebelumnya yang mencapai 2 juta unit.
Bila dilihat dari kemampuan perusahaan berdasarkan aset, FIF membukukan peningkatan pada piutang pembiayaan konsumen yang dimiliki, yakni sebesar Rp39,1 triliun pada Kuartal-III 2023, naik sebesar 12,6% dibanding periode sama di tahun 2022 senilai Rp34,8 triliun.
Margono menyebutkan pengembangan bisnis juga terus dilakukan untuk meningkatkan portfolio bisnis. Salah satu terobosan yang dilakukan FIFGROUP pada tahun 2023 adalah dengan melakukan pembiayaan sepeda motor listrik Honda.
Sepeda motor listrik Honda telah diluncurkan pada perhelatan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang diselenggarakan pada Agustus 2023.
Kontribusi Lini Bisnis PT FIF Dalam menjalankan bisnisnya, FIF didukung oleh 5 brand services. Yakni FIFASTRA yang merupakan jasa pembiayaan sepeda motor baru Honda, DANASTRA yang merupakan jasa pembiayaan multiguna, SPEKTRA yang merupakan jasa pembiayaan multiproduk, FINATRA yang menyediakan layanan pembiayaan mikroproduktif untuk pelaku usaha, mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan AMITRA untuk layanan pembiayaan syariah Haji reguler dan ibadah Umrah.
Hingga Kuartal-III 2023, FIFASTRA turut memberikan kontribusi terhadap penyaluran nilai pembiayaan sebesar Rp20,3 triliun naik sebesar 36,1% dibanding periode sama pada tahun 2022 senilai Rp14,9 triliun.
Secara booking unit, FIFASTRA mencatatkan penyaluran pembiayaan kepada 1,2 juta unit pada Kuartal-III 2023 dengan kenaikan sebesar 38,5% dibanding periode sama pada tahun sebelumnya dengan jumlah unit yang dibiayai sebanyak 871 ribu unit.
Brand service DANASTRA mencatatkan pertumbuhan nilai penyaluran pembiayaan sebesar 9,5% menjadi Rp10 triliun pada Kuartal-III 2023 dibanding periode sama pada tahun 2022 dengan nilai penyaluran pembiayaan sebesar Rp9,1 triliun.
Pertumbuhan juga terjadi secara booking unit yang tumbuh sebesar 5,3% pada periode Januari-September 2023 sebanyak 1,1 juta unit dibanding periode sama tahun sebelumnya yang mencapai 1 juta unit.
Untuk pembiayaan mikroproduktif, FINATRA berhasil menyalurkan nilai pembiayaan sebesar Rp841,1 miliar pada Kuartal-III 2023, tumbuh sebesar 608,4% dibanding tahun sebelumnya senilai Rp118,7 miliar dengan jumlah booking unit sebanyak 10 ribu unit pada Kuartal-III 2023 yang juga meningkat sebesar 746,2% dibanding periode sama pada tahun 2022 yang mencapai 1.245 unit.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: