Kelompok Tani Bawang Merah Desa Karang Endah Analisa Agroekosistem, Ini Harapannya

Kelompok Tani Bawang Merah Desa Karang Endah Analisa Agroekosistem, Ini Harapannya

Kelompok tani--

Kelompok tani Sri Gumati damping petani bawang merah

SEMENDAWAI SUKU III, OKUTIMURPOS.COM - Kegiatan PPHT Bawang Merah melaksanakan pertemuan ke-6 (enam) pada Kelompok Tani Sri Gumati di Desa Karang Endah Kecamatan Semendawai Suku III Kabupaten OKU Timur Provinsi Sumatera Selatan.

Dalam pendampingan tersebut para petani diberikan materi pertemuan PPHT Bawang Merah pada minggu ke-6 ini yaitu Analisa Agroekosistem.

Kemudian pada kegiatan itu para petani peserta kelompok Tani Sri Gumati diberi kesempatan secara langsung untuk pengamatan langsung dengan menggunakan bahasa yang dimengerti oleh petani.

Kegiatan tersebut didampingi oleh Wastono, SP selaku penanggung jawab LPHP Belitang, Kepala BPDP Slamet Riyadi SP, Satgas Organik OKU Timur Sudigyo, Staf LPHP Belitang, PPEP POPT Tito Yoga, PPL Aiman Mualif, SP dan PPEP PPL Riska Indriyani SP.

Para Petani diberi edukasi sehingga meraka dapat mengambil keputusan yang tepat dalam mengendalikan OPT, mengamati populasi berbagai jenis hama dan musuh-musuh alami, perbandingan tentang pertumbuhan tanaman.

BACA JUGA:Stan OKU Timur Pemenang Festival Literasi Nusantara 2023

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan diskusi kelompok seperti tentang penggunaan dan komposisi pupuk yang benar serta pengaruh serangan hama-hama tertentu yang secara langsung dipandu oleh POPT, Jumat (27/10/2023).

Melalui pembelajaran Analisa Agroekosistem diharapkan petani dapat belajar cara mengamati lingkungan abiotis dan biotis yang ada disekitar tanaman Bawang Merah untuk mengambil tindakan selanjutnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: