Cara Merawat Peralatan Bekal Makanan Agar Tetap Awet dan Tidak Mudah Rusak

Cara Merawat Peralatan Bekal Makanan Agar Tetap Awet dan Tidak Mudah Rusak

Thermos Indonesia.--

OKUTIMURPOS.COM - Saat makanan di dalam wadah bekal sudah habis, mungkin Anda merasa repot dan sulit membersihkannya. Namun, hal ini dapat diatasi dengan mengetahui bagaimana cara membersihkan dan perawatannya. Salah satu peralatan bekal dengan kualitas terbaik yang bisa Anda dapatkan, adalah dari Thermos Indonesia.

Pada pembahasan kali ini akan dibahas mengenai cara merawat peralatan bekal makanan. Daripada makin penasaran, lebih baik langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Cara Merawat Peralatan Bekal Makanan

Biasanya setiap wadah makanan memiliki bahan yang berbeda, ada yang dari plastik, kaca, silikon, alumunium, dan sebagainya. Di bawah ini merupakan deretan cara merawat peralatan bekal makanan supaya tetap awet dan tidak mudah rusak.

1. Membuang Sisa Makanan

Pertama, membuang sisa makanan. Sebelum wadah makanan dicuci, pastikan Anda sudah membuang sisa-sisa makanan yang tersisa. Hal ini tentu akan memudahkan Anda saat mencuci, pastikan membilasnya dengan air sampai setidaknya minyak-minyak yang menempel sudah luruh.

Sisa makanan yang dibuang pastikan dibuang di tempat sampah agar tidak berceceran. Jangan membuang sisa makanan ke lubang pembuangan air di wastafel, sebab akan menimbulkan sumbatan.

2. Merendam Peralatan Makan

Kedua, merendam peralatan makan. Dengan cara merendam, maka wadah bekal makanan akan lebih mudah untuk dicuci, sebab minyak akan mudah luruh dan tentunya lebih mudah dibersihkan dengan sabun. Anda bisa menggunakan air suhu biasa atau dengan air panas apabila lemak yang menempel sulit untuk luruh.

Rendam wadah bekal makanan selama kurang lebih 30 menit saja agar lemak-lemak yang menempel bisa sedikit luruh. Jika wadah makanan tidak terlalu tahan panas, Anda cukup gunakan air bersuhu normal untuk merendamnya.

3. Mencuci dengan Sabun

Selanjutya, mencuci dengan sabun. Apabila wadah bekal makanan sudah direndam selama beberapa menit, kini Anda bisa mencucinya dengan sabun. Gunakan sabun cuci piring yang mampu membersihkan lemak pada wadah makanan. Jika perlu, tambahkan potongan lemon untuk menghilangkan bau amis. Gunakan spons lembut untuk mencuci agar permukaan wadah makanan tidak baret saat dicuci. Anda juga bisa gunakan irisan lemon tadi sebagai spons tambahan.

Usap dengan perlahan permukaan dalam dan luar wadah bekal makanan hingga tertutupi sabun. Jika ditemukan noda berupa nasi kering yang menempel, Anda bisa menggunakan kuku sedikit untuk melepaskannya, lakukan dengan perlahan. Setelah itu, bilas di bawah air mengalir.

4. Keringkan dengan Benar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: