Keren, Siswi Universitas Muhammadiyah Surakarta asal OKU Timur Raih Juara 2 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional

Keren, Siswi Universitas Muhammadiyah Surakarta asal OKU Timur Raih Juara 2 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional

Foto : IST - Zulfa Mayang Yuwantari (Tengah) salah satu putri asal OKU Timur bersama timnya Novy Fitri dan Nabila Mahardika Alfiyana Wati berhasil meraih juara kedua di Fisika Expo VI Bangka Belitung--

Bangka Belitung – Lomba Karya Tulis Ilmiah dalam ajang penulisan karya ilmiah bidang fisika tahun 2023 yang diselenggarakan Universitas Bangka Belitung (UBB) Jurusan Fisika dan diikuti oleh para peserta dari berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Kegiatan Fisika Expo VI tersebut berupa kompetisi tingkat nasional yang berlangsung dari tanggal 15 Oktober hingga 12 November 2023.

Ajang perwakilan dari Universitas Muhammadiyah Surakarta yang diikuti Zulfa Mayang Yuwantari salah satu putri asal OKU Timur bersama timnya Novy Fitri dan Nabila Mahardika Alfiyana Wati berhasil meraih juara kedua yang mengambil judul “Potensi Pengelolahan Limbah Pelepah Pisang Dengan Memanfaatkan Alfa Selulosa Sebagai Pengganti Serat Kayu”.

Mayang sapaan Zulfa Mayang Yuwantari saat dikonfirmasi OKUTIMURPOS, Minggu (22/10) mengatakan alasan mengangkat judul tersebut dalam penelitian yaitu sebagai solusi pembuatan bahan baku pulp dan kertas untuk pengganti serat kayu serta untuk mengurangi limbah organik di Indonesia.

BACA JUGA:Ayo Karyawan, Belajar Keuangan dari Film The Company Men! Kehidupan Karyawan Tidak Selalu Sesuai Keinginan

Lebih lanjut Mayang juga menjelaskan dengan penelitian ini merupakan pengolahan limbah pelepah pisang dengan memanfaatkan alfa selulosa sebagai pengganti serat kayu.

Dengan penelitian berdasarkan nilai kandungan selulosanya maka pelepah pisang dapat digunakan sebagai alternatif bahan baku kertas pengganti kayu dengan nilai selulosa diatas 80%. Karena syarat untuk pembuatan pulp dan kertas yang berkualitas yaitu memiliki kadar selulosa tinggi dan kadar lignin rendah,” Singkat Mayang sebagai Ketua tim perwakilan Universitas Muhammadiyah Surakarta asal desa Terukis kecamatan Martapura kabupaten Sebiduk sehaluan provinsi Sumatera selatan.(R10)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: