Hari Kesaktian Pancasila, Ribuan Siswa dan Guru Kompak Panjatkan Doa Permintaan Hujan

Hari Kesaktian Pancasila, Ribuan Siswa dan Guru Kompak Panjatkan Doa Permintaan Hujan

Hari Kesaktian Pancasila, siswa dan siswi SD dan SMP bersama guru kompak gelar doa bersama. Deo/okutpos--

MARTAPURA, OKUTIMURPOS.COM -Ribuan siswa SD/SMP di lingkungan dinas Pendidikan dan kebudayaan kabupaten Ogan Komering Ulu Timur peringati Hari Kesaktian Pancasila dengan melaksanakan upacara dan menggelar sholat istisqo bagi umat islam dan untuk berkeyakinan lain melaksanakan puja doa sesuai kepercayaan masing masing.
 
Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada hari Minggu 01 Oktober 2023, tidak menyurutkan semangat para siswa dan guru dalam memperingatinya, dalam suasana libur para siswa dan guru tetap berangkat dan melaksanakan upacara Hari Kesaktian Pancasila, siswa dan guru, juga sejumlah orang tua siswa, melaksanakan sholat Istisqa dan pemanjaatan doa permintaan hujan bagi kepercayaan lainya, setelah melaksanakan kegiatan upacara Hari Kesaktian Pancasila,  Kegiatan ibadah ini sebagai bentuk ikhtiar meminta kepada Allah, Tuhan Yang Maha Esa  diturunkannya hujan.
 
Sholat Istisqo dan pemanjaatan doa  dilaksanakan di sekolah masing masing. kegiatan dilakukan setelah pelaksanaan hari kesaktian Pancasila dan di tengah kondisi musim kemarau. 
 
“Mudah Mudahan dengan mendengarkan aminnya anak-anak yang masih suci, mengaminkan doa, agar Allah Tuhan YME menurunkan hujan,” ujar Kepala Bidang Dikdas Disdikbud OKU Timur, Edi Subandi SE.M.M.
 
Kondisi musim kemarau tahun ini kata Edi, mengakibatkan kekeringan di sejumlah daerah dan warga kesulitan air bersih. Akibat kekeringan atau kekurangan pasokan air.
 
"Dengan sholat Istisqo dan munajat doa, diharapkan hujan dapat turun kembali," katanya.
 
Dikatakan, sholat Istisqo  dan pemanjatan doa permintaan hujan ini diikuti ribuan siswa dari kelas 1 sampai kelas 6.dan siswa kelas 7 samapai kelas 9 SMP Ini dilakukan untuk mengenalkan kepada para siswa ihwal sholat untuk memohon diturunkannya hujan. 
 
“Kami mengedukasi anak-anak SD/SMP, untuk melaksanakan sholat Istisqo dan ritual keagamaan lainya,” ujar mantan Kasi Sapras tersebut.
 
Sementara, Kepala dinas Pendidikan dan kebudayaan Kab OKU Timur Wakimin,S.Pd, M.M, Melalui Sekretaris dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab OKU Timur, Ir.H. Dodi Purnama.ST.M.M, menyatakan, Disdikbud telah menyampaikan  edaran Nomor   420/2881/I.Disdikbud.OT/2023 bertanggal 27 September 2023 yang telah disampaikan kepihak sekolah sedikitnya ada tiga point utama pada kegiatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2023 ini, Yang pertama adalah pelaksanaan upacara hari kesaktian Pancasila, Yang Kedua pelaksanaan sholat istisqo bagi yang beragama islam dan ritual pemujaan serta doa meminta diturunkanya hujan, serta pemakaian baju batik nasional dalam rangka menyonsong hari batik nasional tahun 2023 yang jatuh pada tanggal 2 Oktober 2023.
 
"Pesan yang ingin  kami sampaikan dalam edaran tersebut merupakan bentuk penumbuh Kembangan karakter peserta didik secara integratif antara karakter religiusitas,Karakter nasionalisme dan Karakter sosial sehingga siswa/I SD dan SMP di kabupaten OKU Timur ini memiliki jiwa dan karakter kepribadian yang utuh," teganya.
 
 
Harapanya kegiatan kegiatan terintegarasi seperti hari ini dapat berjalan dan terlaksana dengan baik  dalam setiap momentum momentum pelaksanaan kegiatan di lingkungan sekolah. (clau)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: