Kapolres OKU Timur Bersama PJU Berperan Aktif Antisipasi Karhutla, Temui Warga di Titik Hotspot

Kapolres OKU Timur Bersama PJU Berperan Aktif Antisipasi Karhutla, Temui Warga di Titik Hotspot

Kapolres OKU Timur AKBP Dwi Agung Setyono SIK MH didampingi Kastel IPTU Arie Gusman SE MM saat membagikan peralatan pemadam api kepada warga. Deo/okutpos.--

CEMPAKA, OKUTIMURPOS.COM - Kapolres OKU Timur AKBP Dwi Agung Setyono SIK MH bersama PJU berperan aktif guna mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Bumi Sebiduk Sehaluan.
 
Kapolres bersama rombongan menemui warga disekitar lokasi Hotspot di Kecamatan Cempaka guna memberikan pemahaman kepada warga untuk mengantisipasi kebakaran dimulai dari diri sendiri, lingkungan dan masyarakat Desa Barisan Jaya.
 
Disana, orang nomor satu di Polres OKU Timur itu melangsungkan kegiatan Sosialisasi tentang Larangan Karhutla dan Tatap muka Kapolres OKU Timur AKBP Dwi Agung Setyono, S.I.K,MH bersama Forum Kades dan Perangkat desa serta Toga, Tomas dan Todat di Kantor desa Harisan Jaya, Kecamatan Cempaka, Kabupaten OKU Timur.
 
Kegiatan Sosialisasi Cegah Karhutla dan Tatap Muka Kapolres OKU Timur AKBP Dwi Agung Setyono S.I.K, M.H dihadiri, Kasat Intelkam Polres OKU Timur IPTU Ari Gusman S.E, MM, Kasat Reskrim Polres OKU Timur AKP Hamsal, SH. MH, Kapolsek Cempaka AKP Aston L. Sinaga, SH, Toga, Tomas dan Todat desa Harisan Jaya, Masyarakat Peduli Api desa Harisan Jaya.
 
Dalam sambutannya, Kapolres OKU Timur AKBP Dwi Agung Setyono SIK MH mengatakan,dirinya membawa rombongan PJU Polres OKU Timur yang berperan aktif di titik Hotspot.
 
"Kami kesini menyampaikan apa yang disampaikan oleh Bapak Kapolda Sumsel dalam penanganan HS didesa Cempaka. Cempaka adalah penyumbang terbanyak titik HS di wilayah oku timur sehingga mengakibatkan tingkat polusi menjadi tinggi berdampak pada kesehatan mata dan pernapasan. Penyebab dari Karhutla adalah 99% oleh ulah manusia itu sendiri," katanya.
 
Kapolres berharap, kepada warga apa bila berpergian ke Palembang ditunda dulu karena udara di Palembang sedang tidak sehat. 
 
"Dalam bulan September ini banyak sekali titik HS yang ada di Kecamatan Cempaka sebanyak 51 Titik HS," ujarnya.
 
Selain itu, peran Kades dan perangkat desa nya berperan aktip kepada masyarakat nya agar jangan membakar hutan dan ladang.
 
"Kita wajib menjaga lingkungan dan alam agar alam kita terjaga bebas dari polusi udara asap hasil pembakaran hutan dan lahan nya. Saat ini adalah puncak tinggi tingginya kita memasuki musin Elnino yang mana membawa angin dari Timur laut benua Australia yakni angin kering. Kita harus peduli kepada anak cucu kita jangan sampai anak cucu kita terkena dampak penyakit menahun dalam hal ini paru-paru," jelasnya.
 
Kepada seluruh Tomas dan Toga serta Todat agar buat hubungan yang harmonis. Kapolres menghimbau lagi kepada masyarakat yang akan mencari ikan agar jangan lagi membawa obat bakar nyamuk atau pun tidak membuang puntung rokok sembarangan. 
 
"Saya titipkan semoga Cempaka ini bebas dari Karhutla dan masyarakatnya sejahtera," pungkasnya.
 
Setelah acara selesai, Kapolres OKU Timur memberikan alat-alat berupa, Gepyak berjumlah 10 Buah, Sepatu Boot berjumlah 4 Pasang, Masker Kesehatan 18 Kotak. (clau)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: