Pelajar Senang, Pemkab OKU Timur Sediakan Stable Kuda

Pelajar Senang, Pemkab OKU Timur Sediakan Stable Kuda

Foto: IST BERKUDA: Bupati OKU Timur Ir H Lanosin MT ketika meninjau stable kuda di Taman Wisata Edukasi Martapura, terlihat anak-anak TK.-ist-claudeo

MARTAPURA - Untuk meningkatkan animo masyarakat tentang olahraga berkuda kini Pemerintah Kabupaten OKU Timur telah menyediakan Stable Kuda di Taman Wisata Edukasi Martapura.

Dimana tempatnya terletak di belakang Kompleks Perkantoran Pemkab OKU Timur, di Desa Kotabaru Selatan. Terlihat anak-anak TK yang sedang melakukan wisata edukasi tentang olahraga berkuda sangat antusias.

Satu persatu anak-anak bergantian menunggangi kuda terlihat antrian yang panjang dari anak-anak yang berminat untuk naik ke kuda. Ada anak yang ketakutan saat menunggangi kuda ada juga ceria bahkan mau mengulangi naik kuda dan berkeliling di stable kuda taman wisata edukasi ini.

Bupati OKU Timur Ir H Lanosin, MT saat dibincangi mengatakan, mulai saat ini di taman wisata edukasi ini sudah ada stable kuda. Dimana ini untuk meningkatkan wawasan anak-anak TK, SD sampai SMA hingga masyarakat umum tentang olahraga berkuda.

"Alhamdulillah ini kudanya sudah mulai jinak di Stable Kuda Taman Wisata Edukasi Martapura. Konsepnya seperti stable kuda di daerah lain, misalnya kalau ada masyarakat OKU Timur kepingin naik kuda, ya tentu ada pawang kuda yang disiapkan untuk menemani," katanya.

Selain Kuda di taman edukasi ini juga terdapat Rusa, Kolam Ikan dan Taman Selfie. Pelan-pelan nantinya taman edukasi ini akan terus dikembangkan seperti akan ditambahkan taman bunga.


"Jadi bagi anak-anak dan masyarakat OKU Timur yang ingin berolahraga sunah nabi Muhammad SAW bisa mencoba disini secara gratis," ujarnya.

Sementara, Yogi Saputra pelatih kuda menyampaikan, saat ini di stable kuda taman wisata edukasi ini ada dua ekor. Untuk perawatannya selain diberikan pakan tiga kali pihaknya melakukan pelatihan terhadap kuda. Sehingga kuda-kuda tersebut mengenali pelatih maupun penunggang kuda.

Serta setiap pagi dan sore dikeluarkan dari kandang untuk dilatih dengan diajak berkeliling.

"Sebelum dikeluarkan dari kandang kuda digroming terlebih dahulu. Kuda dibersihkan lalu diperiksa kukunya kemudian diajak keliling terlebih dahulu. Dan jika sudah tenang dan kuda percaya baru bisa kita naiki," jelasnya.

Untuk edukasi yang diberikan kepada pelajar dan masyarakat bahwa kuda ini merupakan hewan yang spesial. Jadi untuk kita jelaskan kepada mereka jangan takut untuk berkuda.

"Ayo kita geluti olahraga berkuda. Karena didalam hadist kita dianjurkan untuk mempelajari olahraga renang, berkuda dan memanah. Alhamdulillah di OKU Timur sudah ada kuda jadi kita dekatkan dengan anak-anak pelajar di OKU Timur. Ya, selain untuk olahraga kita juga bisa menjalankan sunah," pungkasnya. (clau)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: liputan