Tak Ada PAW Anggota KPU Kabupaten Kota yang Loncat ke Bawaslu?

Tak Ada PAW Anggota KPU Kabupaten Kota yang Loncat ke Bawaslu?

Komisioner KPU Sumsel 2018-2023-ist-kpusumsel

BATURAJA,OKUTIMURPOS - Dengan pertimbangan waktu yang mepet Seleksi Calon Anggota KPU Kabupaten Kota Periode 2023-2028 se Indonesia, berkemungkinan besar tak ada Pergantian Antarwaktu terhadap anggota KPU 2018-2023 yang loncat ke Bawaslu. 

Hal ini diungkapkan Komisioner KPU Sumsel Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Hendri Almawijaya MPd. 

"Mungkin tidak ada PAW,"ujar Hendri ketika dikonfirmasi via WA.

Menurutnya, sebentar lagi juga akan dilaksanakan seleksi penerimaan Calon Anggota KPU Kabupaten Kota se Indonesia, termasuk di Provinsi Sumatera Selatan. 

"Sebentar lagi akan ada seleksi penerimaan Calon Anggota KPU Kabupaten Kota se Indonesia. Mungkin September 2023 sudah masuk tahapan seleksi," kata Hendri lagi. 

Tetapi, kata Hendri, semuanya mereka kembalikan ke KPU RI, karena itu adalah kewenangan mereka. Namun, jika melihat kondisi yang ada kata Hendri, kemungkinan besar tak ada PAW bagi anggota KPU periode sekarang yang lulus di Bawaslu. 

Seperti informasi sebelumnya, perkembangan dan rencana pengajuan nama-nama Pergantian Antarwaktu (PAW) delapan orang anggota KPU Kabupaten Kota di Sumsel yang loncat ke Bawaslu.

Komisioner KPU Sumsel Hendri Almawijaya SPd MPd beberapa waktu lalu sempat menyampaikan bahwa hal ini adalah hak dan kewenangan KPU RI pusat. Pihak KPU Sumsel hanya berhak menyampaikan bahwasanya ada anggota KPU Kabupaten Kota yang mengundurkan diri karena lulus Bawaslu Kabupaten Kota atau Bawaslu Sumsel.


"Yang jelas kita akan sampaikan ke KPU RI, mengenai ada atau tidaknya pelantikan PAW itu tergantung dengan KPU RI. Tugas kita hanya menyampaikan saja," ujar Hendri Almawijaya.

Sementara itu, salah seorang yang termasuk namanya sebagai calon pengganti (PAW) Kabupaten Kota mengaku hingga saat ini belum ada yang menghubungi terkait dengan PAW tersebut. Padahal katanya, kalau mengacu dengan KPU di Kabupaten Merangin Jambi, sudah diproses PAW-nya.

Seperti dilansir IMC news.id, bahwasanya pengganti Yanto di KPU Kota Jambi dan Iron di KPU Kabupaten Merangin sudah diproses. Informasi tersebut dilansir pada 22 Juni 2023. Yanto dan Iron terpilih sebagai anggota KPU Provinsi Jambi.

Calon pengganti keduanya adalah Khoirina Usman untuk PAW Yanto di KPU Kota Jambi dan Zurhatmi Jaya untuk PAW Iron Sahroni di KPU Kabupaten Merangin.

Untuk di Kabupaten Kota di Sumsel ada delapan Anggota KPU Kabupaten Kota se Sumsel yang lulus ke Bawaslu. Mereka adalah Fikri Ardiansyah dari KPU Kabupaten PALI ke Bawaslu PALI. Ahyaudin dari KPU Muara Enim ke Bawaslu Muara Enim. Nana Priana dari Kabupaten Lahat lulus ke Bawaslu Lahat. Yudi Risandi dari KPU OKU ke Bawaslu OKU.

Sunarto dari KPU Kabupaten OKU Timur ke Bawaslu OKU Timur. Massuryati dari KPU Ogan Ilir ke Bawaslu Sumsel, Siti Holijah dari KPU Banyuasin ke Bawaslu Kabupaten Banyuasin. Dan Ardiyanto dari KPU Musi Rawas Utara ke Bawaslu Sumsel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: liputan