Nunggu 50 Tahun, Baru Sekarang Warga Dusun Saluran Nikmati Listrik, Terima Kasih Pak Gubernur

Nunggu 50 Tahun, Baru Sekarang Warga Dusun Saluran Nikmati Listrik, Terima Kasih Pak Gubernur

Gubernur Sumsel meresmikan penggunaan listrik desa di Kenten Laut Dusun Saluran Kabupaten Banyuasin-ist-humas pemprov Sumsel

BANYUASIN – Warga Dusun Saluran, Desa Kenten Laut, Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan sudah menunggu 50 Tahun, baru kini terwujud menikmati aliran listrik.

Gubernur Sumsel H Herman Deru membuktikan tekadnya mewujudkan mimpi warga Desa Kenten Laut, Dusun Saluran, Kabupaten Banyuasin ini.

Hanya berselang 6 bulan saja, sejak Herman Deru menyambangi Dusun Saluran terakhir (Februari 2023), kini warga Dusun Saluran yang sudah hampir 50 tahun menanti (Dusun mulai dibuka tahun 1974),.akhirnya dapat menikmati fasilitas listrik.

Tak hanya membawa PT PLN WS2JB melakukan pembangunan jaringan listrik, Gubernur Herman Deru bahkan menggratiskan biaya sambungan listrik baru bagi 60 KK di Dusun Saluran di bulan Kemerdekaan ini.

"Ini adalah bukti konkret Saya mengajak pejabat PLN WS2JB kunker kesini bulan Februari lalu. Hasilnya sekarang kita bisa mewujudkan mimpi masyarakat yang sudah hampir 50 tahun ini mendambakan listrik" jelasnya disambut gembira oleh ratusan warga yang hadir.

Dengan investasi sebesar Rp3,25 miliar oleh PLN kini warga di Kabupaten Banyuasin ini membuat impian warga Dusun Saluran menjadi kenyataan.

"Sama seperti kita, mereka jg punya hak yang sama. Makanya dengan adanya listrik inj, masyarakat harus lebih kreatif terutama untuk memberdayakan industri kecil dan terpenting untuk keseteraan pendidikan. Jadi anak-anak dan para pengajar bisa melakukan kegiatan belajar dan mengajar sama dengan masyarakat di tengah kota," tambahnya.


Dalam kesempatan peresmian Jaringan Listrik Pedesaan di Desa Kenten Laut, Kecamatan Talang Kelapa, Banyuasin itu Gubernur Herman Deru juga mengaku terharu.

Ia teringat hal serupa saat menjabat Bupati pada tahun 2007. Saat itu menurutnya ada Desa transmigrasi yang hanya berjarak sekitar 12 km dari kantornya tapi puluhan tahun tak tersentuh listrik.

"Waktu itu Saya sempat bersumpah sebelum saya selesaikan tugas jadi Bupati ini harus menyala. Karena belum ada listrik masuk.desa, kita beli listrik curah. Tiangnya pemkab yang beli," jelasnya.

Menurutnya penyediaan fasilitas listrik ini memang tugas PLN, namun diakuinya PLN tetap perlu dukungan kuat dari Pemkab setempat.

"Sekarang Desa Saluran mimpinya sudah menjadi kenyataan. Insya Allah kedepan anak-anak dapat belajar setara dengan anak di kota denga listrik, juga internet dan lainnya. Saya minta ini dijaga dan dirawat bersama," tegasnya.

Sementara itu General Manager Unit Induk Distribusi PT PLN S2JB Amris Adnan mengatakan, setelah enam bulan lalu berkunjung langsung bersama Gubernur Herman Deru, hari ini Minggu (13/8), PLN dan Gubernur Sumsel menepati janji mewujudkan keinginan masyarakat untuk mendapatkan sambungan listrik.

Amris juga berterimakasih kepada masyarakat yang sudah mendukung pembangunan listrik di Dusun Saluram. Termasuk dukungan warga yang sudah merelakan pepohonannya ditebang demi kelancaran pembangunan jaringan listrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: rilis