Festival Tunas Bahasa Ibu Siap Digelar di Bumi Sebiduk Sehaluan

Festival Tunas Bahasa Ibu Siap Digelar di Bumi Sebiduk Sehaluan

Lomba Festival Tunas Bahasa Ibu di Kabupaten OKU Timur. --

MARTAPURA, OKUTIMURPOS.COM - Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) di kabupaten OKU Timur siap digelar, setelah proses pengimbasan dan sosialisasi pada  guru muatan lokal budaya komering, dinas pendidikan dan kebudayaan OKU Timur kembali melaksanakan kegiatan FTBI secara berjenjang, saat ini kegiatan FTBI memasuki tahap seleksi tingkat kecamatan, FTBI Kecamatan di OKU Timur dilaksanakan dengan moda online, dimana seluruh sekolah di OKU Timur mengirimkan hasil rekam video lima cabang lomba FTBI.
 
seperti diketahui Bersama FTBI merupakan ajang lomba yang mempertandingkan lima cabang lomba yaitu, Puisi,Pidato,penulisan cerpen, lawakan tunggal (Standup Comedy) serta mendongeng semuanya menggunakan Bahasa Komering dalam perlombaanya.
 
Dalam event FTBI tingkat kecamatan tahun 2023 ini 584 video lomba telah masuk ke panitia,  yang terdiri dari peserta lomba jenjang SMP dan Jenjang SD, panitia akan menilai dan memilih  584 video yang berhak  memasuki babak final FTBI Tingkat Kabupaten OKU Timur, pelaksanaan FTBI Kabupaten akan dilaksankan pada pertengahan bulan agustus 2023.
 
Kordinator FTBI Kabupaten, Himawan Bastari.M.Pd yang juga kordinator pendataan dan pemetaaan PTK pada dinas Pendidikan kab OKU Timur, mengucapkan, terima kasih kepada kepala dinas serta jajaran guru serta kepala sekolah yang telah berpartisipasi dalam kegiatan FTBI yang baru pertama kali dilaksanakan di OKU Timur pada tahun ini.
 
"Ajang FTBI memiliki dua tujuan utama, yaitu melestarikan dan merevitalisasi bahas ibu atau Bahasa komering yang saat ini mulai tergerus oleh modernisasi serta memberikan wahana berkompetisi atas capaian pelaksanaan pembelajaran muatan lokal budaya komering yang saat ini diajarakan pada seluruh sekolah di bawah naungan dinas Pendidikan Kab OKU Timur," katanya.
 
FTBI dilaksanakan berjenjang dari tingkat sekolah sampai tingkat nasional, alhamdulilah tahun ini FTBI tingkat provinsi akan dilaksanakan di OKU Timur, mudah mudahan pada bulan Oktober ini.
 
"Kegiatan akan dilakasanakan, mohon doa dan bantuan kepada semua pihak agar OKU Timur sukses melaksanakan kegiatan tersebut dan berprestasi dalam perlombaan FTBI tingkat provinsi nantinya," pungkasnya. (clau)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: liputan langsung