7 Provinsi di Pulau Sumatra Dengan Jumlah Kabupaten Kota Terbanyak, Sumatra Selatan Nomor Berapa?

7 Provinsi di Pulau Sumatra Dengan Jumlah Kabupaten Kota Terbanyak, Sumatra Selatan Nomor Berapa?

Pulau Sumatra merupakan pulau terbesar ke 6 di dunia yang terletak di Indonesia dengan luas 470 3481 km2.FOTO: Tangkapan Layar ---

OKUTIMURPOS.COM - Dikutip dari Kanal YouTube Daftar Fakta Unik memaparkan, dimana nama lain dari Pulau Sumatra ini adalah Pulau Perca Andalas atau Suarnadwipa.

Nama tersebut diambil dari bahasa sanskerta yang berarti pulau Emas, kemudian pada prasasti Padang Roco pada tahun 1286, dipahatkan swarnabhumi bahasa sanskerta bearti tanahmas.

Pulau Sumatra merupakan pulau terbesar ke 6 di dunia yang terletak di Indonesia dengan luas 470 3481 km2, dengan jumlah penduduk sekitar 57.987.400 jiwa berdasarkan catatan sensus tahun 2018.

Nah, melansir dari Wikipedia ada 7 provinsi di Pulau Sumatra yang memiliki kabupaten kota terbanyak diantranya:

1. Provinsi Sumatra Utara 

Provinsi Sumatera Utara Ibu Kotanya merupakan Medan, dan kota Medan ini merupakan salah kota terbesar di Pulau Sumatera.

Dimana Kota Medan merupakan kota terbesar ke 3 setelah Jakarta dan Surabaya, dan tercatat sebagai kota terbesar di luar Pulau Jawa.

Untuk jumlah kabupaten kota di Sumatra Utara berjumlah 33 kabupaten kota.

Yang mana ibu kota provinsi Sumatra Utara ini, yakni kota Medan merupakan pintu gerbang wilayah Indonesia bagian Barat dengan keberadaan Pelabuhan Belawan dan Bandara Udara Internasional Kualanamu yang merupakan bandara udara terbesar kedua di Indonesia.

BACA JUGA:7 Kota Termaju dan Terbesar di Pulau Sumatera, Palembang Nomor Berapa Ya?

Menurut Bappenas Medan merupakan salah satu dari empat pusat pertumbuhan utama di Indonesia, bersama dengan Jakarta, Surabaya dan Makasar.

Dimana Medan adalah kota multietnis yang mana penduduknya yang terdiri orang-orang yang latar belakang budaya dan agama yang berbeda-beda.

Selain Melayu dan Carol sebagai penghuni awal, Medan di dominasi etnis Jawa, Batak, Howard Mandailing, Tionghoa dan India.

Dimana mayoritas penduduk Medan bekerja di bidang Perdagangan sehingga banyak ditemui ruko di sudut kota, di samping-samping perkantoran pemerintahan di kota Medan dan beberapa kantor konsulat.

2. Provinsi Aceh

Provinsi Aceh merupakan provinsi di Indonesia yang ibu kotanya berada di Banda Aceh.

Aceh merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang diberi status sebagai daerah istimewa dan juga diberi kewenangan otonomi khusus.

Provinsi Aceh terletak di ujung utara pulau Sumatra dan merupakan provinsi paling barat di Indonesia.

Menurut hasil sensus Badan Pusat Statistik tahun 2021, jumlah penduduk provinsi ini sekitar 5.333.733 jiwa.

Sedangkan utnuk Jumlah Kabupaten kota di Provinsi Aceh sendiri berjumlah 23 Kabupaten Kota.

Provinsi Aceh berbatasan dengan Teluk Benggala dan Laut Andaman di sebelah utara, Samudra Hindia di sebelah barat, Selat Malaka di sebelah timur, dan Sumatra Utara di sebelah tenggara dan selatan.

3.Provinsi Sumatra Barat

BACA JUGA:1.575 ton limbah masuk ke TPA di Sumsel setiap hari, Herman Deru Ajak Masyarakat Kurangi Limbah Plastik

Provinsi Sumatra Barat ibu kotanya adalah Kota Padang dan Kota Padang merupakan  kota terbesar di Pantai Barat pulau Sumatera.

Yang mana kota ini merupakan pintu gerbang Barat Indonesia dari Samudera Hindia.

Wilayah administratifnya memiliki luas 696,96 km2 dengan kondisi geografis berbatasan dengan laut dan dikelilingi dengan perbukitan dengan ketinggian mencapai 1853 mdpl.

Beradsarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2017 kota ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 920,768 jiwa.

Dimana Kota Padang merupakan kota inti dari pengembangan kota Metropolitan Palapa.

Kota Padang terletak di pantai Barat Pulau Sumatera dengan luas keseluruhan 694 km2 atau setara dengan 1,65 persen dari luas Provinsi Sumatera Barat.

Sedangkan untuk julam kabupaten kota di Provinsi Sumatra Barat berjumlah, 19 Kabupaten Kota.

4. Sumatra Selatan


7 Provinsi di Pulau Sumatra Dengan Jumlah Kabupaten Kota Terbanyak, Sumatra Selatan termasuk yang memiliki banyak kabupaten kota. FOTO: Tangkapan layar---

Provinsi Sumatera Selatan  Ibu Kotanya  Palembang, yang merupakan kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan.

Dimana Kota Palembang memiliki luas wilayah 358,55 km2 yang dihuni sekitar 1.573.898 jiwa berdasarkan data Sensus penduduk 2018, dengan kepadatan penduduk 4800 per km2.

Dimana, Kota Palembang pada tahun 2030 mendatang diprediksi kota ini akan dihuni oleh 2,5 juta jiwa.

Selain kota terbesar kedua di Sumatera, Kota Palembang juga tercatat sebagai salah satu kota tertua di Indonesia.

Di Kota Palembang mengalir sebuah sungai yang sangat terkenal yakni Sungai Musi. Sungai ini merupakan salah satu sungai terpanjang di Indonesia yang mencapai 750 km dan membelah kota Palembang menjadi dua, yakni Seberang Ulu dan Seberang Ilir.

Dimana sungai ini meruakan Sungai terpanjang di Pulau Sumatera. Sejak dahulu sungai Musi telah menjadi urat nadi perekonomian di Kota Palembang dan Provinsi Sumatera Selatan.

Sedangkan untuk jumlah kabupaten kota di Sumtra Selatan berjumlah 17 Kabupaten Kota.

5. Provinsi Lampung

BACA JUGA:Presiden Jokowi Serahkan SK HUTSOS dan TORA bagi 7 Kabupaten di Sumsel Secara Virtual

Provinsi Lampung ibukotanya Bandar Lampung sekaligus kota terbesar ketiga di Pulau Sumatera, setelah Medan dan Palembang.

Kota Bandar Lampung juga tercatat sebagai kota terpadat di luar Pulau Jawa. Kota Bandar Lampung memiliki luas wilayah daratan 169,21 km2 dengan terbagi kedalam 20 kecamatan dan 126 kelurahan.

Dimana kota ini memiliki populasi penduduk sekitar 1.135.679 jiwa berdasarkan data Sensus 2018, saat ini kota Bandarlampung menjadi pusat jasa, perdagangan dan perekonomian di Kota Bandar Lampung.

Sedangkan untuk jumlah Kabupaten kota di Provinsi Lampung berjumlah 15 kabupaten kota.

6. Provinsi Riau

Provinsi Riau adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di pantai timur pulau Sumatra bagian tengah.

Wilayah pesisirnya berbatasan dengan Selat Malaka.

Kepulauan ini dimekarkan menjadi provinsi tersendiri pada Juli 2004. Ibu kota dan kota terbesar di provinsi Riau adalah Pekanbaru, dan kota besar lainnya.

Berdasarkan hasil Badan Pusat Statistik Provinsi Riau tahun 2022, penduduk provinsi Riau berjumlah 6.493.603 jiwa, dengan kepadatan penduduk 75 jiwa/km².

Untuk jumlah kabupaten kota di Provinsi Riau Sendiri berjumlah 12 Kabupayen Kota.

7. Provinsi Jambi

BACA JUGA:HARUS TAHU! Ini Dia Daftar 6 Calon Kabupaten Baru di Sumsel 2023, Tapi...

Provinsi Jambi sekaligus memiliki ibu kota Jambi adalah sebuah kota di Indonesia yang dibelah oleh sungai yang bernama Sungai Batanghari.

Kedua kawasan tersebut terhubung dengan sebuha jembatan yang bernama Jembatan Aur Duri.

Kota Jambi memiliki luas 253,8 km2 dengan penduduknya berjumlah 610.854 jiwa berdasarkan data BPS tahun 2018.

Untuk Jumlah Kabupaten kotanya sendiri berjumlah 11 Kabupaten kota. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: