AGENDA Gubernur Sumsel H Herman Deru, Selain Hadiri HUT

AGENDA Gubernur Sumsel H Herman Deru, Selain Hadiri HUT

Foto tidak terkait dengan kegiatan di Kabupaten OKU, hanya menggambarkan mengenai Gerakan Sumsel Mandiri Pangan.-baik-internet

OKU BATURAJA,OKUTIMURPOS-Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru menghadiri agenda sakeral HUT ke-113 Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sabtu (29 Juli 2023).

Deru Take Off menggunakan helikopter dari Palembang Sabtu pagi dan terjadwal sampai di Baturaja OKU, sekira pukul 9.45 WIB, mendarat di Taman Kota Baturaja.

Mereka disambut oleh Pj Bupati OKU, H Teddy Meilwansyah beserta unsur Forkompinda Kabupaten OKU dan jajaran. Herman Deru langsung menuju Gedung Kesenian Baturaja tempat pelaksanaan Rapat Paripurna Khusus DPRD OKU mengenai HUT ke-113 OKU.

Usai menghadiri perayaan HUT di Gedung Kesenian, Gubernur istirahat makan siang dan salat di Rumah Dinas Bupati OKU. Lalu, selanjutnya menuju Desa Martajaya, Kecamatan Lubuk Raja.

Agenda kegiatan di Martajaya adalah meresmikan Kampung Budidaya Ikan Gabus serta menyerahkan beberapa bantuan dari Kementerian Kelautan yang berkaitan dengan budidaya perikanan.

GSMP

Program Kampung Budidaya Ikan Gabus ini merupakan penopang Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) yang digaungkan oleh H Herman Deru beberapa tahun lalu.

Gerakan Sumsel Mandiri Pangan ini merupakan upaya untuk merubah pola pikir masyarakat Sumsel agar berubah dari konsumtif menjadi produktif.

Produktif yang dimaksud adalah masyarakat mampu memproduksi kebutuhannya sendiri, minimal kebutuhan pokok sehari-hari seperti sayur mayur dan lauk pauk.

Untuk mendapatkan sayuran masyarakat bisa memanfaatkan pekarangan rumahnya dengan bertanaman sayur seprti kangkung,  bayam, katu dan lain-lain.

Begitupun dengan lauk pauk, masyarakat bisa memelihara ayam, ikan, itik, dan sejenisnya, meski hanya beberapa ekor saja. Kalau itu dilakukan secara masif maka tentu masyarakat bisa memenuhi kebutuhan pokoknya sendiri tanpa membelinya di pasar.

Dan dalam hal ini Pemerintah Sumatera Selatan menggerakkan perbaikan pola pikir ini dengan memberikan stimulan atau pendorong gerakan GSMP ini. Misalnya dengan memberikan bantuan sarana dan prasarana, seperti bibit tanaman, sayuran, ikan dan lain sebagainya. (pur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: liputan