Warga Keluhkan Debu dan Jalan Rusak

Warga Keluhkan Debu dan Jalan Rusak

jalan-jalan-

JAYA PURA - Aktivitas truk angkutan material batu tambang di kawasan Desa Tumijaya, Kecamatan Jayapura, Kabupaten OKU Timur, dikeluhkan warga sekitar.

Hal ini dikarenakan, seringnya ratusan mobil angkutan material batu tambang yang bermuatan Over Dimensi Over Loading (ODOL) hilir mudik dijalan tersebut yang menyebabkan polusi udara.

BACA JUGA:Tiga Camat di OKU Timur Berganti, Pelantikan Jelang Tahun Baru Islam

"Kami sudah resah, melihat aktivitas ratusan truk tambang tersebut selalu menimbulkan polusi udara, yang membuat kami merasakan gangguan pernapasan seperti sesak napas," cetus Imam salah satu warga Tumijaya.

Diketahui, dampak polusi udara bisa memicu terjadinya gangguan pernapasan warga terutama anak-anak terkena penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dan batuk-batuk.

BACA JUGA:Kebakaran Viral di OKU, Sebabkan Kerugian Ratusan Juta

Selain itu, juga dapat membahayakan kesehatan juga dapat mengganggu daya tembus pandang mata warga sekitar.

Tak hanya itu lanjutnya, selain polusi udara, warga juga mengeluhkan parahnya kerusakan jalan yang ditimbulkan truk pengangkut meterial batu tambang tersebut.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Malam Tahun Baru 1445 H, Saung Naga Membara

Padahal, diketahui jalan Kabupaten tersebut adalah jalan yang hanya mampu dilintasi mobil truk dengan bermuatan maksimal 8 ton.

"Sepengetahuan kami jalan kabupaten yang melintasi Desa Tumi jaya hingga Desa Jayapura (lengot) ini di perbaiki Pemkab tahun 2017 yang lalu. Ya, lebih kurang 5 tahun lalu, saat ini lihat sendiri, jalan sudah rusak kembali," keluhnya kesal

BACA JUGA:Laporan Keuangan APBD OKU 2022 Dapat Nilai WTP, Defisitnya Segini

Ia juga berharap, Pemerintah Kabupaten OKU Timur dan aparat Kepolisian agar lebih bertindak tegas dan jangan tutup mata dalam menyikapi hal ini.

"Kami harap, Pemkab OKU Timur dan aparat Kepolisian jangan tutup mata terkait truk pengangkut material batu tambang yang telah menyebarkan polusi udara dan membuat kerusakan parah pada jalan desa kami ini," pungkasnya. (clau)

BACA JUGA:8 Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Fit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: