25 Jenis Perahu Adat di Sumatera Selatan, di Muba Namanya Mirip Tarian

25 Jenis Perahu Adat di Sumatera Selatan, di Muba Namanya Mirip Tarian

Perahu hias yang sering diperlombakan di Sumatera Selatan-download-internet

BATURAJA,OKUTIMURPOS-Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), terdapat berbagai jenis perahu adat yang digunakan oleh masyarakat setempat.

Jenis perahu tersebut sangat dipengaruhi oleh budaya dan adat setempat, sesuai dengan kebiasaan masyarakat setempat.

Berikut adalah beberapa jenis perahu adat di Sumsel:

1, Perahu Tanduk

Perahu Tanduk adalah jenis perahu adat yang biasa digunakan oleh suku Musi di daerah Palembang, Sumsel. Perahu ini memiliki bentuk yang unik, dengan bagian ujungnya menyerupai tanduk kerbau yang melengkung.

Perahu Tanduk biasanya digunakan untuk berbagai kegiatan, seperti perahu hias pada acara-acara adat, perahu nelayan, atau sebagai sarana transportasi sungai.

2, Perahu Ketek

Perahu Ketek adalah jenis perahu adat yang berasal dari Palembang, Sumsel. Perahu ini memiliki bentuk yang ramping dengan pangkal yang lebar dan ujung yang runcing.

Biasanya, Perahu Ketek digunakan untuk berbagai kegiatan tradisional seperti perlombaan perahu atau untuk memancing di sungai.

3, Perahu Gajah

Perahu Gajah adalah jenis perahu adat yang memiliki bentuk menyerupai gajah. Perahu ini biasanya digunakan oleh suku Daya di daerah Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumsel.

Perahu Gajah umumnya terbuat dari kayu yang kuat dan besar. Perahu ini sering digunakan untuk acara pernikahan, festival budaya, atau upacara adat lainnya.

4, Perahu Tongkang

Perahu Tongkang adalah jenis perahu adat yang digunakan oleh suku Melayu di Sumsel. Perahu ini memiliki bentuk yang panjang dan lebar, dengan dasar datar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: