Bupati Enos Masuk Satgas Karhutla di Sumsel, Ini Dia Tugasnya

Bupati Enos Masuk Satgas Karhutla di Sumsel, Ini Dia Tugasnya

Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin mengikuti Rapat Koordinasi Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Sumatra Selatan Tahun 2023. Foto: Diskominfo OKUT--

MARTAPURA, OKUTIMURPOS.COM - Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin mengikuti Rapat Koordinasi Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Sumatra Selatan Tahun 2023.

BACA JUGA:Program Sejuta Rumah 2023 Membuat Peluang Masyarakat Memiliki Rumah Sendiri Makin Besar, Ini Penjelasannya

Kegiatan yang dilaksanakan di Griya Agung Palembang ini turut dihadiri Gubernur Sumatra Selatan H. Herman Deru, Kepala BNPB RI Letjen TNI Suharyanto, S.Sos., M.M., Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo, S.I.K., Kasdam II/Sriwijaya Brigjen TNI Ruslan Efendy, Kepala Daerah 16 Kabupaten/Kota lainnya dan tamu undangan.

Dalam kesempatan ini, Kepala BNPB RI meminta semua personil untuk senantiasa waspada dalam penanganan karhutla khususnya BNPB Kabupaten/Kota yang daerahnya memiliki lahan gambut.

BACA JUGA:Hari Bhayangkara, Polres OKUT Bersama Insan Pers Kompak Gelar Doa Bersama Hingga Beri Bantuan Sosial

Ia juga menyampaikan bahwa BMKG telah memprediksi bahwa Indonesia pada tahun ini akan mengalami kemarau yang lebih panjang daripada tahun sebelumnya.

"Termasuk Provinsi Sumsel yang merupakan salah satu dari 6 provinsi prioritas dalam penanganan Karhutla,"katanya.

BACA JUGA:Kontingen Kesenian OKU Timur sebanyak 40 Orang Ikuti Festival Sriwijaya ke XXXI di Palembang

Dirinya mengingatkan bahwa pada tahun 2015 dan 2019 karhutla yang terjadi cukup masif, oleh sebab itu dirinya mengajak seluruh personil yang hadir dapat turun langsung ke lapangan guna meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan agar kejadian tahun 2015 dan 2019 tidak terjadi lagi.

"Agar BNPB dan Pemprov Sumsel dapat memanfaatkan secara maksimal bantuan yang telah diberikan seperti Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) dan Water Bombing agar lahan gambut dapat terus dibasahi," tutupnya.

BACA JUGA:Ini 10 Kecamatan dengan Jumlah Populasi Sapi Potong Tertinggi di OKU Timur

Sementara itu, Gubernur Sumsel H. Herman Deru dalam sambutannya mengucapkam terimakasih atas diperpanjangnya bantuan TMC untuk Provinsi Sumsel.

"TMC merupakan metode pencegahan yang sangat efektif dalam menanggulangi karhutla," tuturnya.

HD juga menambahkan bahwa TMC yang digunakan memberikan efek positif karena membuat tanaman menjadi lebih subur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: