Dinas Peternakan dan Perikanan Pastikan Stok Hewan Kurban Aman

Dinas Peternakan dan Perikanan Pastikan Stok Hewan Kurban Aman

Diskanak OKU Timur Klaim Stok Hewan Kurban Aman. Foto: Deo/OKUTPOS--

MARTAPURA, OKUTIMURPOS.COM - Dinas Peternakan dan Perikanan (Diskanak) Kabupaten OKU Timur menyebutkan bahwa stok hewan kurban untuk hari raya Idul Adha 1444 H dipastikan aman.

BACA JUGA:Selain Kaya Akan Anti Oksidan, Ternyata Buah Mengkudu Dapat Mengobati Kolestrol

Kepala Diskanak Kabupaten OKU Timur Yuniharyanto, S.ST melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Untung, S.ST mengatakan, kebutuhan hewan kurban untuk tahun 2022 mencapai 4.727 ekor.

Jumlah ribuan tersebut terdiri dari Sapi 1387 ekor, Kerbau 4 ekor, Kambing sebanyak 2.981 ekor serta sebanyak domba 355 ekor.

BACA JUGA:Mau Ikut Program UMi Syaratnya Mudah, Lihat Disini

"Permintaan hewan kurban tahun 2023 ini ada di kisaran 5.161 ekor. Terdiri dari Sapi 1.456 ekor, Kambing 3.279 ekor serta Domba 426 ekor. Untuk jumlah peternak di OKU Timur untuk ternak sapi ada 73 peternak sedangkan untuk ternak kambing ada 53 peternak," katanya.

BACA JUGA:Bagi Pemula UMKM Jangan Khawatir, Selain Beri Pinjaman Modal, UMi Siap Lakukan Pendampingan Usaha

Selain itu, Diskanak juga menghimbau pedagang ternak hewan kurban di Kabupaten OKU Timur untuk mengantisipasi kewaspadaan terhadap penyakit hewan menular.

Sepeti PMK, LSD, Jembrana, dan SE pada ternak sapi kerbau untuk itu perlu dilakukan antisipasi terhadap hewan menular pada ternak hewan kurban sapi, kerbau, kambing, domba di lingkungan Kabupaten OKU Timur.

BACA JUGA:Buruan! Peluang Pinjaman Program UMi Lebih Besar, Pemerintah Tambah 25 Penyalur

"Kepada para pedagang ternak untuk mengecek ternak hewan kurban dalam keadaan sehat tidak dalam keadaaan terserang penyakit LSD, PMK, Jembrana dan SE. Untuk pengantisipasi dan mengatasi tertularnya penyakit tersebut bisa menghubungi petugas peternakan yang berkompeten di lapangan, " jelasnya.

BACA JUGA:Bukde Sayur, Bibik Kue dan Warung Butuh Modal Usaha ke Sini Saja, Cek UMi

Kemudian, 6 hari menjelang Idul Adha pihaknya menugaskan petugas lapangan untuk mengecek langsung ke pedagang maupun ke tempat pemotongan.

BACA JUGA:ANDA Ingin Rezeki Lancar! Coba Lakukan Kebiasaan ini, Rasakan Perubahannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: