Buruan! Peluang Pinjaman Program UMi Lebih Besar, Pemerintah Tambah 25 Penyalur

Buruan! Peluang Pinjaman Program UMi Lebih Besar, Pemerintah Tambah 25 Penyalur

Ilustrasi Program UMi-download-internet

MARTAPURA,OKUTIMURPOS.DISWAY.ID-Peluang disetujui jika minjam modal usaha di program UMi (Ultra Mikro) lebih besar.

Soalnya hingga 31 Mei 2023 realisasi penyaluran dana program UMi belum sebanding atau tidak sama dengan tahun lalu (2022).

Menurut Kepala Seksi Bank Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Baturaja, Prapti Lestari realisasi penyaluran dana UMi hingga 31 Mei 2023 baru mencapai Rp 5,67 M se OKU Raya.

BACA JUGA:Ini Profil dan Sejarah PNM, Siap Bantu ANDA yang Butuh Modal Usaha

Angka tersebut jauh sekali, jika dibandingkan realisasi penyaluran dana program UMi tahun 2022 yang mencapai Rp 10,8 M. Atau turun 47,5 % realiasi penyaluran dana UMi pada 2023 dibandingkan tahun lalu pada periode yang sama.

 

Padahal kata Prapti, Pemerintah menargetkan di Tahun 2023 paling tidak ada 2,2 juta debitur (penyalur). Sehingga pemerintah membuka peluang bagi penyalur baru disamping penyalur yang sudah ada.

Termasuk terbuka peluang bagi pemerintah daerah untuk bekerjasama dalam menciptkan penyalur (debitur) baru ini.

BACA JUGA:Bukde Sayur, Bibik Kue dan Warung Butuh Modal Usaha ke Sini Saja, Cek UMi

Misalnya melalui koperasi atau sinergi antara KPPN dan kerjasama dengan kementerian lainnya, seperti Kementerian Desa PDTT, Kementerian Koperasi untuk menyalurkan program UMi ini.

Pemerintah melalui Pusat Investasi Pemerintah (PIP) sekali lagi membuka peluang untuk bekerjasama di bidang pendanaan atau program.

PIP sebagai pengelola dana bergulir ini sangat membuka peluang bagi para pihak baik pemerintah daerah maupun swasta untuk bekerjasama di bidang pendanaan dan kerjasama program tersebut.

Pengusaha ultra mikro yang ingin mengajukan pembiayaan UMi dapat langsung datang ke lembaga keuangan bukan bank (LKBB) yang menjadi penyalur UMi, diantaranya PT Pegadaian, PT Permodalan Nasional Madani (PNM), beberapa koperasi, serta LKBB lainnya.

Selain cepat dan aman, ada kelebihan lain yang ditawarkan UMi, yakni pendampingan bagi debiturnya dari penyalur UMi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: rewrite