Begini Jepang Bangun Rumah Anti Gempa, Bisa Ditiru!

Begini Jepang Bangun Rumah Anti Gempa, Bisa Ditiru!

Contoh rumah kayu di Jepang yang dipengaruhi peradaban China-download-internet

INDONESIA memang Negara yang subur. Orang bilang tongkat ditanam bisa tumbuh subur. Kekayaan sumber daya alam, seperti gas bumi, minyak, batubara, nikel, dan emas berlimpah ruah. Begitu pula dengan hasil buminya. Rempah-rempah seperti cengke, lada, dan pala banyak sekali.

 

Wajarlah kalau dunia internasional sangat kepincut dengan Indonesia. Ini pula lah yang menyebabkan penjajahan Indonesia oleh Belanda dan sekutunya selama 350 tahun. Lepas dari Belanda, Indonesia masuk perangkap Jepang. Meski tidak lama, hanya 3,5 tahun Jepang menjajah Indonesia, namun penderitaan rakyat sangat parah. Kelaparan di mana-mana, perbudakan, pekerja rodi dan penindasan yang tanpa peri kemanusiaan.

BACA JUGA:Tukang Kayu, Kerajinan Perak, Aluminium dan Pandai Besi Disini Tempatnya

Dibalik bumi yang subur makmur ternyata Indonesia rawan gempa dan bencana alam berupa longsor. Salah satunya gempa dan tsunami Aceh yang menelan korban ratusan ribu nyawa. Menurut data PBB gempa dan tsunami Aceh pada 2011 menelan nyawa 230.000 orang. Dan lebih dari 500.000 orang kehilangan tempat tinggal.

Gempa memporak porandakan bangunan. Apalagi tsunami (luapan air laut) menyapu bersih apa saja yang dilewati air bah itu.

Makanya, sudah saatnya kita memikirkan bagaimana menciptakan bangunan anti gempa atau tahan gempa.

Contoh Jepang

Selain Indonesia, Negara Jepang juga rawan gempa. Bahkan gempa disertai tsunami. Justeru gempa di Jepang yang lebih parah lagi. Tsunaminya berkali-kali. Ini karena Jepang terletak di tengah Samudra Fasifik yang luas. Berbatasan dengan Negara raksasa daratan seperti China dan Rusia.

BACA JUGA:Hubungan Legenda Sipahit Lidah di Sumsel dengan Bengkulu dan Lampung

Untuk mengantisipasi korban gempa akibat tertimpa reruntuhan bangunan, Negara Jepang sudah sejak 1971 membuat UU agar rakyatnya membangun rumah anti gempa. Kemudian UU ini direvisi pasca kejadian gempa besar pada tahun 1981 di perfektur (wilayah yang memiliki kekuasaan mandiri) Miyagi. Untuk diketahui Jepang adalah Negara yang menganut sistem kerajaan.

 

Setelah kejadian itu Pemerintah Jepang membuat standar bangunan rumah yang harus tahan terhadap gempa berkekuatan diatas enam magnitudo. Karena, gempa di Jepang sering kali kekuatannya di atas enam magnitudo.

Prinsip Konstruksi Rumah Jepang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: rewrite