Agar Terhindar Macet, Pemudik yang akan Balik Harus Mengetahui Tanggal Ini

Agar Terhindar Macet, Pemudik yang akan Balik Harus Mengetahui Tanggal Ini

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) bersama Kapoli dan Kasum TNI----

Agar Terhindar Macet, Pemudik yang akan Balik Harus Mengetahui Tanggal Ini

OKUTIMURPOS.COM - Ini imbauan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terhadap masyarakat yang akan melakukan perjalanan balik setelah mudik lebaran 1444H/2023.

BACA JUGA:Berikut Bacaan Niat Sholat Idul Fitri, Tata Cara dan Urutannya

Menurut Menteri Perhubungan Budi karya Sumadi hendaknya masyarakat yang melakukan rute arus balik memilih waktu sebelum atau setalah tanggal 24 dan 25 April 2023.

Alasanya? Pada hari Senin 24 April dan Selasa 25 April diprediksi arus balik membludak. "Sebaiknya sebelum atau sesudah tanggal tersebut. Yaitu tanggal 26-29 April. Sedangkan tanggal 30 April dan 1 Mei ini prediksi puncak arus balik kedua," jelasnya.

BACA JUGA:Ini Dia 12 Penyelasan di Masa Tua, Beberapa Diantaranya Bikin Kaget, Ini Penjelasannya

Menhub asal Palembang ini mengungkapkan telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk menggencarkan sosialisasi anjuran untuk perjalanan balik pada arus balik nanti. Seperti halnya yang dilakukan secara masif di arus mudik untuk menganjurkan masyarakat mudik lebih awal, yang berhasil memecah kepadatan puncak arus mudik.

BACA JUGA:KEREN NIH! Jelang Lebaran Bisa Dapat Saldo DANA Gratis Langsung Cair Rp800.000 dari Google Lho! Ini Caranya

Saat di Jawa Tengah misalnya Budi Karya Sumadi minta kepada Pemda Jateng, Polda Ditlantas Jateng untuk mengumumkan informasi ini secara masif, menggunakan berbagai kanal media.

''Saya juga minta tolong rekan-rekan media mengumumkan ini. Karena akan berpotensi terjadi kemacetan panjang jika kita tidak informasikan,” tutur Menhub. Untuk memecah kepadatan di hari puncak arus balik, Menhub mengatakan telah melakukan koordinasi dengan para pengelola jalan tol dan juga operator transportasi baik di udara maupun kereta api untuk memberikan diskon tarif di tanggal-tanggal tertentu setelah hari puncak.

BACA JUGA:1 Syawal 1444 H Ditetapkan Hari Sabtu 22 April 2023

Alhamdulillah Jasa Marga akan memberikan diskon tarif tol 20 persen tanggal 27-29 April di beberapa ruas tertentu. Saya dengar Badan Usaha Jalan Tol lainnya juga akan berikan diskon. ''Terkait usulan ini saya akan laporkan ke Presiden untuk mendapatkan keputusan final,” tutur Menhub.

BACA JUGA:Potong 24 Ekor Sapi, Riang Bandung Pusat Perdagangan Daging di Madang Suku II

Berdasarkan pantauan yang dilakukan di Gerbang Tol Kalikangung, pergerakan kendaraan pada H-1 terpantau ramai lancar. Menhub menjelaskan, berdasarkan evaluasi arus mudik, terjadi perbedaan hari puncak arus mudik di Tol Cipali dengan Tol Kalikangkung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: