Disdikbud OKU Timur Musnahkan Ribuan Blanko Ijazah

Disdikbud OKU Timur Musnahkan Ribuan Blanko Ijazah

Disdikbud Kabupaten OKU Timur musnahkan 1119 blanko dengan cara dibakar. Deo/okutpos--

MARTAPURA, OKUTIMURPOS.COM - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten OKU Timur musnahkan 1119 blanko ijazah SD, SMP dan Paket Kesetaraan A,B,C tahun 2021 - 2022 dengan cara dibakar, Rabu 29 Maret 2023.
 
Pemusnahan blanko ijazah tersebut dilaksanakan di halaman Disdikbud Kabupaten OKU Timur. Disaksikan Kepada Disdikbud OKU Timur Wakimin, Sekretaris Dinas Dodi Purnama, Kabid Dikdas Edi Subandi dan Kanit Pidkor IPTU Heriyanto SE.
 
Kadisdikbud OKU Timur Wakimin SPd MM mengatakan, pemusnahan sisa blangko ijazah ini sebagai upaya Dìsdikbud OKU Timur mencegah adanya penyalahgunaan ijazah.
 
"Sesuai petunjuk teknis, sisa blangko ijazah baik yang masih utuh atau rusak karena salah tulis dan tidak dìgunakan atau kelebihan harus kita musnahkan," katanya.
 
Dikatakan, tekanisme pemusnahan, seluruh sisa blangko ijazah tersebut harus disertai berita acara pemusnahan. 
 
Kedua, proses pemusnahan blangko ini dilakukan Disdikbud dengan disaksikan pihak kepolisian.
 
Kemudian, berita acara pemusnahan wajib ditanda tangani pejabat Disdikbud dengan pihak kepolisian.
 
Dalam kesempatan itu, Wakimin menyampaikan ucapan terimakasih atas ketersediaan jajaran Polres OKU Timur untuk hadir dalam acara pemusnahan ini.
 
"Ucapan terimakasih atas kehadiran Pak Kapolres melalui Kanit Tipikor dalam kegiatan ini. Semoga apa yang dìlaksanakan hari ini mendapat berkah dari Allah SWT," ungkapnya.
 
Sementara, Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Edi Subandi menjelaskan, dari 1.119 jumlah blangko yang dimusnahkan, untuk jenjang SD Tahun Pelajaran 2021-2022 sebanyak 568 eksemplar. 
 
Untuk jenjang SMP Tahun Pelajaran 2021-2022 sebanyak 551 eksemplar. Sedangkan, jenjang kesetaraan (Paket A/B/C) tahun pelajaran 2021-2022 sebanyak 111 eksemplar.
 
Sementara, Kanit Tipikor Polres OKU Timur, Iptu Heriyanto mengapresiasi kepada jajaran Disdikbud OKU Timur atas pemusnahan sisa blangko ijazah tersebut.
 
Menurutnya, secara tidak langsung pemusnahan blangko ijazah ini sangat membantu pihak Kepolisian dalam mencegah terjadinya penyalahgunaan ijazah palsu dan lainnya. 
 
"Sehingga dengan adanya kagiatan ini kasus tersebut dapat dicegah dan diminimalisir sejak dini," pungkasnya. (clau)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: liputan langsung