CATAT! Bansos Beras 10 Kg untuk untuk 21, 6 Juta KPM PKH Bakal Dibagikan di Ramadan 2023

CATAT! Bansos Beras 10 Kg untuk  untuk 21, 6 Juta KPM PKH Bakal Dibagikan di Ramadan 2023

Ilustrasi/Bansos PKH 2023 Tahap I segera disalurkan. Foto: net/ist--

JAKARTA, OKUTIMURPOS.COM– Pada tahun ini, setelah lebih dari 18, 8 Juta KPM BPNT/Sembako dan 10 Juta KPM PKH diguyur bansos pada awal Maret sampai dengan hari ini, penyaluran belum juga selesai dan terus berlangsung.

Meskipun banyak juga KPM yang belum menerima bantuan, dikarenakan memang bantuan akan dicairkan bertahap ke dalam beberpa termin hingga selesai sampai 100 persen.

Disamping bansos regular yang telah disalurkan, dalam waktu dekat pemerintah juga akan menyalurkan bansos tambahan berupa beras 10 Kilogram yang disalurkan melalui Cadangan Beras Pemerintah (CBP) milik Bulog.

Rencananya beras 10 Kg tersebut akan disalurkan kepada 21, 6 Juta warga miskin penerima bansos yang dikelola oleh Kemensos.

Karena data tersebut sudah padan di DTKS milik Kemensos, dan Dukcapil. Adapun data untuk nama-nama penerima bansos adalah data yang terakhir dipakai untuk penyaluran terakhir pada 2022 lalu. Nantinya bansos tambahan itu akan dibagikan sebanyak 3 kali dari Maret, April, dan Mei. Kemudian akan disalurkan bertepatan dengan Ramadan 2023.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada Kick-Off Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi (GNPIP) 2023 dilakukan secara virtual, beberapa waktu lalu.

Menko Airlangga mengatakan, Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu), telah berencana untuk segera mencarikan anggaran bantuan sosial (bansos) baru berupa beras, telur dan ayam. Masalah ini juga telah dibicarakan dengan Presiden Joko Widodo.

Meski begitu, hingga saat ini proses penyaluran hingga jumlah anggaran masih belum dapat dipastikan jadwalny, masih dalam tahap pembahasan. Untuk beras yang dipakai nantinya juga akan digabung, antara beras impor, dan juga beras lokal yang ada di gudang milik Bulog. Bisa juga disalurkan dahulu oleh Bulog, nanti setelah selesai barulah dihitung anggaran yang telah terpakai.

Hal ini biasa dilakukan, pada bantuan beras sebelumnya pada tahun 2020. Diharapkan dengan adanya bantuan tambahan ini, bisa menahan laju inflasi agar kemiskinan tidak meningkat. Seperti diketahui, kebutuhan pokok di periode Maret, April, dan Mei akan meningkat karena bertepatan dengan Ramadan dan Idul Fitri.

Disamping itu, pemberian beras bantuan ini juga dapat menambah kesejahteraan petani, ditengah melambungnya harga beras dan panen besar-besaran pada Maret, dan April. Kemudian, bagi penerima bansos, dengan adanya bantuan sosial tambahan beras 10 kilo sebanyak 3 bulan, akan sangat membantu guna pemenuhan gizi. Apalagi untuk masyarakat miskin yang berada di desil terbawah dalam data kemiskinan, semoga saja! *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: