Lagi, Penomena Ikan Mabok Terulang di Danau Ranau

Lagi, Penomena Ikan Mabok Terulang di Danau Ranau

Fenomena Alam kembali terjadi setelah 5 Tahun silam. Penomena ini berupa naiknya kadar belerang di perairan Danau Ranau sehingga membuat ribuan ikan Kekurangan Oksigen. Foto: harianokuselatan.com--

OKUT SELATAN, OKUTIMURPOS.COM - Fenomena Alam kembali terjadi setelah 5 Tahun silam. Penomena ini berupa naiknya kadar belerang di perairan Danau Ranau sehingga membuat ribuan ikan Kekurangan Oksigen.

Atas terjadinya penomena ini, masyarakat Banding Agung berduyun-duyun mendatangi Danau Ranau untuk menangkap ikan yang mabok dan mudah di tangkap tersebut.

Madi, warga setempat menyebutkan informasi terkait ikan mabok tersebut kali pertama ia dapatkan dari masyarakat. Lalu ia pun mengecek kebenaran informasi itu langsung ke lokasi Danau Ranau. "Awalnyo kito dengar omongan warga bahwa ikan di danau mabok.

Pertamo kami dak percayo, tapi setelah kami datangi ternyato memang Ado nian. Jadi kito melok jugo menangkap ikan dengan ngunoke jalo.

Alhamdulillah banyak jugo hasilnya yang kito dapat," ujar Madi. Menurutnya, penomena alam yang terjadi di Danau Ranau ini sudah lama sekali pertama terjadi yakni sekitar lima tahun silam dan terjadi lagi sekarang.

Terjadinya ikan mabok ini dikarenakan belerang yang ada di kaki bukit seminung mengeluarkan belerang.

"Yang Kito tangkap kalau ikan mabok cak ini pasti air belerang dari kaki bukit seminung keluar, bukan karena racun oleh olah manusia. Kalu dio keno racun ikannyo pasti mati di tempat, tapi ini Idak, ikannyo masih idup tapi mabok. Kejadian caki ini biso juga dinamoke rezeki yang dikasih oleh yang Maha Kuasa," imbuhnya. (Ant)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: harianokuselatan.com