Harapkan Generasi Muda Jadi Benteng Bagi Kemajuan Negara

Harapkan Generasi Muda Jadi Benteng Bagi Kemajuan Negara

Sebagai calon penerus bangsa, generasi muda diharapkan mampu menjadi benteng bagi keberlangsungan dan kemajuan negara. Foto: Humas Pemprov Sumsel--

Semangat perjuangan di era tersebut terangkum dengan baik dalam Buku Aldera. Aldera adalah gerakan besar prodemokrasi yang memiliki nilai juang bersama para buruh, kaum perempuan, agraria, lingkungan, masyarakat adat, dan gerakan demokrasi lainnya. Pada masa itu tergambarkan  gerakan anak muda dengan jiwa yang gigih, kritis, siap berjuang untuk membela hak rakyat, dan menjaga demokrasi di Indonesia.

 

Selain memperjuangkan hak demokrasi, pada Buku Aldera memvisualisasikan perlakuan rezim terhadap para aktivis, mulai dari penahanan hingga penculikan, serta dinamika gerakan mahasiswa di era 1993-1999.

 

Aktivis Aldera yang juga Anggota VI BPK RI Dr. Pius Lustrilanang mengatakan, bedah Buku Aldera merupakan momen mengulas beragam sejarah terkait pergerakan kaum muda guna menggapai demokrasi. "Tujuannya untuk memberi pengetahuan kepada mahasiswa, bahwa ada senior-seniornya pada zamannya yang berjuang menegakan demokrasi meruntuhkan rezim otoriter.

 

Demokrasi yang dibangun ini perlu waktu  20 tahun memperjuangkannya dan mempertahankannya sampai hari ini perlu 25 tahun," kata Pius. Lalu, lanjutnya, dengan bedah buku tersebut diharapkan dapat membuka kesadaran untuk senantiasa menjaga keutuhan demokrasi. "Mahasiswa itu cerminan hati nurani rakyat. Jika aspirasi masyarakat tidak tersampaikan, mahasiswa wajib turun untuk memaksa pemerintah untuk mendengarkan," pungksanya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: