Yudha Gagas Kabupaten Sehat

Yudha Gagas Kabupaten Sehat

Adi Nugraha Purna Yudha--

MARTAPURA, OKUTIMURPOS.COM - Wakil Bupati OKU Timur HM Adi Nugraha Purna Yudha SH akan menggagas kabupaten atau kota sehat di Bumi Sebiduk Sehaluan.

 

Hal tersebut diungkapnya saat menghadiri Pertemuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Desa Lokus Stunting menuju Kabupaten/Kota Sehat, berlangsung di Aula Bina Praja 1 Setda OKU Timur.

 

Menurutnya, STBM merupakan pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan. Indikator outcome STBM yaitu menurunnya kejadian penyakit diare dan penyakit berbasis lingkungan lainnya yang berkaitan dengan sanitasi dan perilaku. 

 

"Adapun indikator output STBM yaitu setiap individu dan komunitas mempunyai akses terhadap sarana sanitasi dasar sehingga dapat mewujudkan komunitas terbebas dari buang air di sembarang tempat, setiap rumah tangga telah mengelola air minum dan makanan yang aman, setiap rumah tangga dan sarana umum dalam satu komunitas dapat menjaga kebersihan yang sehat, setiap rumah tangga mengelola limbah dan sampah yang benar," katanya.

 

Dalam kesempatan tersebut, Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Elwana, SKM menyampaikan, dengan komitmen melaksanakan STBM, semua pihak harus berperan penting untuk menyukseskan kegiatan ini.

 

"Terutama masyarakatnya harus diberikan edukasi yang kesinambungan sehingga dapat terwujud," pungkasnya. (clau)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: rilis pers