Ini Dia Tips Hemat saat Liburan, Tak Bikin Kantong Jebol

Ini Dia Tips Hemat saat Liburan, Tak Bikin Kantong Jebol

Moment liburan bersama keluarga sangat dinanti-nanti, terpenting adalah rencanakan format liburan agar tak bikin jebol pengeluaran. Foto: pixabay/ist/net--

MEMASUKI musim libur, yang bertepatan dengan Hari Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023 tentunya moment yang tak ingin ditinggalkan begitu saja.

Bahkan, para orang tua rela menabung menyisihkan sebagian uangnya, agar dapat berlibur bersama keluarga. Apalagi, bertepatan juga dengan libur sekolah.

Bagi Anda tentunya terlintas dalam pikiran, bahwa liburan hanya membuang uang saja, atau liburan itu mahal dan sebagainya.

Sebenarnya, jika kita dapat mengelola moment lbiran ini dengan baik, maka ongkos liburan tidak begitu mahal, tetapi ada beberapa tips yang tentunya perlu dicoba, seperti berikut ini:

1. Merencanakan dari Jauh Hari

Tips liburan hemat pertama adalah dengan membuat rencana liburan dari jauh hari sebelum tanggal liburan tiba. Ini diperlukan agar Anda dapat menyusun anggaran pengeluaran dengan lebih matang. Selain itu, Anda juga dapat melakukan pemesanan tiket dan booking tempat sejak lama, sehingga biayanya tidak terlalu mahal.

2. Melakukan Survei Lokasi Liburan

Tips liburan hemat dan menyenangkan berikutnya adalah melakukan survei lokasi liburan. Coba buat daftar destinasi liburan mana saja yang ingin Anda kunjungi, dan perkirakan biaya untuk masing-masing destinasi tersebut. Setelah itu, pilih destinasi liburan favorit dengan biaya sesuai budget Anda. Tenang, untuk melakukan survei lokasi seperti ini, Anda tidak perlu mengunjungi tempat liburannya langsung. Cukup lakukan risetnya melalui situs-situs destinasi wisata di internet.

3. Berlibur Sesuai Rencana

Tips selanjutnya agar liburan Anda hemat adalah berlibur sesuai waktu dalam perencanaannya. Anda mungkin orang sibuk, tapi jangan sampai jadwal liburan yang sudah direncanakan jauh-jauh hari kacau karena pekerjaan. Bukan hanya harus refund tiket dan bookout tempat, kekacauan jadwal liburan seperti ini dapat menimbulkan biaya lebih besar. Karena semakin mendekati waktu liburan, Anda harus berebut tiket dengan orang lain, sehingga harga tiket meningkat.

4. Berlibur dengan Teman

Supaya biaya liburannya lebih hemat, Anda dapat mengajak 1 - 2 orang teman untuk berlibur bersama. Dengan demikian, pengeluaran yang tadinya harus dibayar satu orang, dapat dibagi ke tiga orang sekaligus. Sistem berbagi biaya seperti ini dapat Anda terapkan saat memesan travel, kamar hotel, dan jasa tour guide.

5. Mengutamakan Kenyamanan

Daripada Kemewahan Tips berikutnya agar liburan Anda hemat tapi tetap menyenangkan adalah dengan mengutamakan kenyamanan daripada kemewahan. Tujuan berlibur yang utama adalah untuk menenangkan diri dan menyegarkan otak, bukan untuk berpamer ria. Tidak ada gunanya berlibur di destinasi mewah jika Anda tidak menikmatinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber