Ini Jadwal Pelantikan Kades Terpilih se OKU 2022

Ini Jadwal Pelantikan Kades Terpilih se OKU 2022

Kadin PMD OKU Drs Ahmad Firdaus MSi-repro internet-Istimewa

OKUTIMURPOS.COM, BATURAJA- Semua Kepala Desa (Kades) terpilih se Kabupaten Ogan Komering Ulu, 4 Oktober 2022 lalu segera dilantik.

Jadwal pelantikannya Jum'at (16/12/2022). Atau bertepatan dengan berakhirnya masa jabatan kades periode 2016 - 2022.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten OKU Drs Ahmad Firdaus MSi ketika dikonfirmasi membenarkan hal ini.

Rencananya kata Firdaus, pelantikan semua Kades terpilih hasil Pilkades serentak se OKU  tahun 2022, akan dilaksanakan Jum'at (16/12/2022).

Tempatnya di Gedung Kesenian OKU, Bakung. Pelantikan rencanakan akan dilakukan langsung oleh Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd.

"Pelantikan Kades terpilih hasil Pilkades serentak 2022 di OKU insya Allah bakal dilaksanakan Jum'at (16/12/2022). Tempatnya di gedung kesenian. Jumlah kades yang dilantik sebanyak 57 orang," ujar Ahmad Firdaus.

Ketika ditanya apakah termasuk Kades Bunglai Kecamatan Kedaton Peninjauan Raya, Ahmad Firdaus tidak menjawab WA lagi.

Soalnya Kades Bunglai terpilih Irfan Johan meninggal dunia sembilan hari pasca pelaksanaan Pilkades Bunglai. Irfan meninggal saat tidur dalam usia 40 tahun. Irfan diketahui meninggal oleh istrinya yang membangunkannya untuk solat subuh, Kamis 13 Oktober 2022 sekira pukul 04.10 WIB.

Irfan Johan menang tipis 50 suara atas rivalnya, Alex sang calon incumben.  Irfan mendapatkan 822 suara sementara Alex sang petahana meraih 772 suara.

Nah, hingga menjelang pelantikan ini belum diketahui siapa yang bakal dilantik. Ahmad Firdaus pun belum memberikan keterangan soal desa Bunglai ini.

Apakah pemilik suara terbanyak kedua yang bakal dilantik atau diambil alih oleh Pemkab OKU alias dipegang oleh Pejabat sementara (Pjs). Yakni PNS di lingkungan Pemkab OKU, mengingat masa jabatan kades lama habis pada 16 Desember 2022.

Namun, Ahmad Firdaus pernah memberikan statemen di media online beberapa waktu, bahwa keputusan mereka setelah koordinasi dengan Mendagri, bahwa pihaknya akan menunjuk Pjs untuk mengisi kekosongan jabatan kades Bunglai.

"Kita sudah koordinasi dengan Mendagri. Dan sudah ada jawaban secara lisan bahwa ada aturan Permendagri, saya lupa nomor berapa itu. Bahwa kita bakal menunjuk seorang Pjs untuk menduduki jabatan Kades Bunglai," kata Ahmad Firdaus di media beberapa waktu lalu.


Langsung Tancap Gas

Beberapa kades terpilih mengaku sedang melakukan persiapan untuk mengikuti pelantikan 16 Desember 2022.

Seperti Kades terpilih di Desa Tanjung Baru Kecamatan Baturaja Timur Subri Bustan ST.

"Insya Allah. Segala sesuatu untuk persiapan sudah kita lakukan. Termasuk pakaian seragam pelantikan dan lain lain," ujar Subri Bustan.

 

Subri Bustan ST (kiri)

 

Subri Bustan yang bakal dilantik untuk periode 2022 - 2028 ini mengaku tidak ada persiapan khusus. Subri baru pertama akan menjabat Kades Tanjung Baru. Sebelumnya Subri Bustan menjabat Ketua RT 04 RW 02/Dusun II Desa Tanjung Baru Kecamatan Baturaja Timur.

Subri Bustan juga menjabat Direktur BUMDes Tanjung Baru.

Kendati tidak ada persiapan khusus kata Subri. Usai pelantikan Jum'at, 16 Desember 2022, dirinya akan mengadakan acara syukuran.

"Saya atas nama pribadi dan keluarga mengundang jiron tetangga dan warga Tanjung Baru untuk kumpul di rumah. Ya, sebagai rasa syukur kita ngumpul dan makan bersama. Jika undangan belum sampai, ini adalah undangan resmi," ujar Subri Bustan.

Mengenai program kerjanya 6 tahun kedepan lanjut Subri Bustan semuanya sudah tertuang dalam visi misi waktu pencalonan.

"Nanti tinggal kita bahas dalam rapat rencana pembangunan setiap tahunnya. Pokoknya kita langsung tancap gas. Yang jelas komitmen kita memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat desa Tanjung Baru," tegas Subri Bustan.

Hal yang sama menurut Tugino alias Kojim. Kades Terusan terpilih untuk kedua kalinya ini mengaku biasa saja. Dalam menghadapi pelantikan ini tidak ada persiapan secara khusus.

"Yang jelas kita siap mengikuti pelantikan. Soal persiapan tidak ada hal yang khusus," ujar Kojim.

Apalagi kata Kojim, ini untuk kali kedua dirinya mengikuti pelantikan. Hanya saja bedanya saat pelantikan 2016 lalu di ruang terbuka yakni Taman Kota Baturaja. Sekarang 2022 rencananya berlangsung  di Gedung Kesenian.

Mengenai program kerja tambah Kojim akan menyesuaikan dengan visi misi waktu pencalonan kades lalu. Termasuk melanjutkan program yang sudah berjalan saat ini. (pur)




Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: liputan