Hasil Pertandingan Belanda vs Argentina di Piala Dunia Qatar 2022, La Albiceleste Bersusah Payah ke Semifinal

Hasil Pertandingan Belanda vs Argentina di Piala Dunia Qatar 2022, La Albiceleste Bersusah Payah ke Semifinal

Kegembiraan pemain-pemain Argentina setelah menang atas Belanda di babak adu penalti -Twitter/@Argentina---

JAKARTA, OKUTIMURPOS.COM -- Belanda vs Argentina di perempat final Piala Dunia Qatar 2022 merupakan salah satu pertandingan yang ditunggu-tunggu oleh banyak penggemar sepakbola.

Pasalnya, kedua tim tampil impresif dalam turnamen empat tahunan ini sebagai salah satu tim yang selalu mencetak gol setiap kali bertanding.

Argentina tampil berbeda dengan memasang tiga bek tengah untuk pertama kalinya di Piala Dunia Qatar 2022. Sedangkan Belanda tetap menggunakan pakem 3-4-1-2 dengan Cody Gakpo sebagai kartu truf. Pertandingan berjalan dengan berimbang dan nyaris tanpa peluang berbahaya sampai di menit ke-24 ketika tendangan Memphis Depay masih menyamping.

Di menit ke-35, Argentina memecah kebuntuan lewat sontekan Nahuel Molina setelah menerima umpan terobosan dari Lionel Messi. Gol itu membuat permainan lebih terbuka dengan Der Oranje mulai berani keluar menyerang. Skor 0-1 untuk Albiceleste tidak berubah sampai wasit meniup tanda babak pertama berakhir. Di awal babak kedua, Argentina bermain lebih menyerang meski belum bisa menciptakan peluang berbahaya.

Belanda pun tidak mau kalah yang awalnya bermain menunggu berubah menjadi lebih berani mengambil inisiatif serangan. Di menit ke-71, Acuna dijatuhkan Dumfries di dalam kotak penalti. Messi berhasil mengonversikan penalti menjadi gol untuk memperlebar keunggulan bagi timnya. Ketinggalan dua gol, anak asuh van Gaal bermain lebih menyerang.

Hasilnya, Weghorst berhasil memperkecil kedudukan lewat tandungannya di menit ke-83. Menuju akhir pertandingan, Berghuis sempat melepaskan tembakan keras tapi hanya menyamping di gawang Emily Martinez. Di menit ke-89 tensi pertandingan memanas setelah Paredes menendang bola ke bangku cadangan Belanda.

Mateu Lahoz sebagai wasit berhasil mengankan situasi dan mengeluarkan kartu kuning untuk Paredes. Memasuki injury time, Argentina seperti akan lolos dengan skor tipis tapi Weghorst mencetak gol keduanya di menit ke-90+11 untuk membuat pertandingan masuk ke babak extra time. Di babak pertama extra time, Argentina kembali mencoba bermain menyerang tapi Belanda kerap mempraktekkan pressing ketat.

Sama-sama merasa ketegangan, kedua tim banyak melakukan pelanggaran tanpa bisa menciptakan peluang yang berarti. Babak kedua extra time dipakai kedua tim untuk saling serang.

Hanya saja, Tim Tango yang terlihat lebih berani keluar dan menciptakan peluang. Di menit ke-119, Lautaro Martinez melepaskan tendangan tapi berhasil diamankan oleh Noppert. Semenit kemudia, giliran Di Maria yang nyaris mencetak gol dari tendangan penjuru tapi gagal mengubah skor. Upaya Enzo Martinez di menit ke-120 hanya membentur mistar sehingga pertandingan dilanjutkan ke babak adu penalti.

Masuk babak penalti, Belanda akan menendang terlebih dahulu. Kapten mereka, van Dijk menjadi penendang pertama tapi penaltinya digagalkan oleh Emily Martinez. Messi menjadi eksekutor pertama Argentina dan berhasil menunaikan tugasnya untuk membuat La Albiceleste unggul.

Berghuis gagal menceploskan bola ke gawang Argentina. Sebaliknya, Paredes memperlebar keunggulan timnya. Koopmeiners menjadi penendang ketiga sekaligus yang pertama berhasil membobol gawang Emily Martinez. Montiel kembali membawa Argentina unggul 3-1 sebelum diperkecil lagi oleh Weghorst.

Enzo Fernandez gagal membuat pertandingan berakhir lebih cepat setelah penaltinya digagalkan Noppert. Luuk De Jong membuat Belanda menyamakan kedudukan tapi harapan Gakpo cs untuk lolos ke semifinal Piala Dunia Qatar 2022 pupus setelah penalti Lautaro Martinez menjebol gawang Noppert. Kemenangan ini akan membuat Messi cs berhadapan dengan Kroasia pada Rabu, 14 Desember 2022 pukul 2.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id