257 Atlet KONI OKU Ikuti Tes Vo2max, Ini Hasilnya

257 Atlet KONI OKU Ikuti Tes Vo2max, Ini Hasilnya

Ketua Umum KONI OKU, M Fahruddin (Tiga dari kanan) sedang menyampaikan arahan kepada para Atlet saat pembukaan pelaksanaan Vo2max Test di Stadion Kemiling, Sabtu pagi (12/11/2022)-Ok-Whatsap Group

OKUTIMUTPOS.COM, BATURAJA-Hasil Tes Vo2max Atlet oleh panitia KONI OKU mencapai 70%.

Dengan demikian lebih dari separoh Atlet OKU yang ikut tes, hasilnya sudah memenuhi standar minimal kemampuan fisik (Vo2max).

Demikian diungkapkan Ketua Umum KONI OKU M Fahruddin melalui Wakil Ketua II Bidang Pembinaan Prestasi Atlet, H Ahmad Ziadi.

Menurut Ziadi, secara umum sudah baik. Namun, bagi yang sudah mencapai target hendaknya lebih ditingkatkan lagi. Bagi yang belum memenuhi target masih ada waktu untuk memperbaikinya hingga April 2023.

"Karena tahap awal ini kita hanya ingin mengetahui batas kemampuan kekuatan fisik calon Atlet kontingen OKU. Sampai sebatas mana. Nah, jika belum mencapai target masih ada kesempatan ikut tes sekitar April 2023. Jadi masih ada waktu. Kalau masih juga tidak mencapai target, maka dengan tegas kita tidak akan mengirim Atlet tersebut," ujar Ziadi.

Atlet yang ikut Bleep Test



Untuk itu, kepada pengurus Cabor dan pelatih setelah pelaksanaan tes Vo2max ini. Silakan evaluasi lagi dan bagi pelatih, agar bisa meningkatkan kualitas latihan fisik Atletnya.

"Masih ada waktu sekitar 5 bulan lagi menjelang Porprov ke XIV di Kabupaten Lahat. Mari kita bertekad untuk melatih atlet kita di masing-masing Cabor," tambah Ziadi.

Untuk diketahui tes Vo2max bagi Atlet terbagi dua di luar ruangan (Balke Test). Pelaksanaannya Sabtu pagi (12/11/2022) di Stadion Kemiling pukul 07.00 WIB hinggal pukul 11.30 WIB.

Kemudian di dalam ruangan Bleep Test, pukul 13.30 WIB hingga selesai di GOR Jl Lintas Garuda Baturaja. Panitia menetapkan level untuk Bleep Test bagi atlet putri 6,6 good. Sedangkan putra 7,6.good.

Untuk Balke Test bagi atlet putri 5,3 KL dan putra 6 KL. Data yang didapat atlet yang mengikuti Balke Test ada 114 orang dengan 19 orang pelatih yang mendampingi atlet. Dan Bleep Test 143 orang. Pelatih yang mendampingi 21 orang.

Atlet yang ikut Balke Test



Hingga Vo2max Test selesai. Menurut panitia yang awalnya 2 Cabor yang tidak ikut tes, ternyata masih ada Cabor lain yang tidak hadir selain Sepak Takraw dan Drum Band. 

Pembukaan Vo2max Test dihadiri langsung oleh Ketua Umum KONI OKU M Fahruddin. Ada juga para Wakil Ketua seperti Wakil Ketua II, H Ahmad Ziadi, Wakil Ketua IV Bidang Teknologi, Ferlan Juliansyah, dan Wakil Ketua V Bidang Data, Media dan Humas, Paranto. Serta panitia lainnya.

"Silakan ikuti tes ini dengan serius. Karena ini adalah ajang untuk mengetahui kemampuan fisik adik adik atlet semua. Setelah kalian berlatih selama beberapa bulan ini, sekarang kita cek kemampuan fisiknya. Jadi seriuslah. Ikuti instruksi penguji," ujar Fahruddin.

Kepada para atlet Fahruddin berpesan, bagi yang berhasil mencapai level target tes, agar terus berlatih.

"Jangan merasa puas dengan hasil tes. Dan bagi yang belum berhasil mencapai target level yang ditetapkan panitia penguji, jangan putus asa dan patah semangat. Masih ada kesempatan berikutnya untuk memperbaikinya. Lebih giat lagi latihan. Paling tidak bisa mencapai target level minimal," tambah Fahruddin.

Cek Kesehatan Atlet



Anggota DPRD OKU ini juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pengurus Cabor, pelatih dan seluruh atlet yang hadir mengikuti Vo2max Test. Baik yang dapat giliran jadwal pagi maupun siang hari.

"Semoga ini langkah awal yang baik. Untuk meningkatkan kualitas atlet menyongsong Porprov ke XIV di Kabupaten Lahat 2023 nanti. Sekali lagi terima kasih kepada para atlet, pelatih dan pengurus Cabor serta panitia Vo2max," pungkas Fahruddin. (pur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: liputan