Keren! Sensor Suara Mampu Menghemat Listrik, Kok Bisa? Cek Faktanya

Keren! Sensor Suara Mampu Menghemat Listrik, Kok Bisa? Cek Faktanya

Mahasiswi Program Studi Pendidikan Fisika UIN Raden Fatah Palembang mempresentasikan Suatu Alat Praktikum pada materi Intensitas Bunyi dan Taraf Intensitas Bunyi untuk Siswa Kelas XI. Foto: Istimewa--

Terungkap dalam PKM Program Studi Pendidikan Fisika UIN Raden Fatah

PALEMBANG, OKUTIMURPOS.COM – Ingin hemat dalam pemakaian listrik? Jawabannya pasti. Nah, inilah yang saat ini tengah dilakukan untuk mengatasinya.

Salah satunya menggunakan Sensor Suara. Kok bisa? Tentu bisa! Bahkan, dapat dilakukan sebagai Langkah alternatif dalam menghemat energi listrik dalam kehidupan sehari-hari.

Ini terungkap dalam Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SMA YPI Tunas Bangsa Palembang, yang dilaksanakan Program Studi Pendidikan Fisika UIN Raden Fatah Palembang pada tanggal 26-27 Oktober 2022.

Kegiatan tersebut mengusung tema Pembuatan Lampu Otomatis Menggunakan Sensor Suara Mic Controller FC-04: “Suatu Alat Praktikum pada materi Intensitas Bunyi dan Taraf Intensitas Bunyi untuk Siswa Kelas XI”.

Ketua Program Studi (Prodi) Pendidikan Fisika UIN Raden Fatah Palembang Dr. Muhammad Win Afgani, S.Si., M.Pd mengungkapkan, mempelajari ilmu Fisika pada sangat unik dan menyenangkan. Banyak hal yang dapat diujicobakan, yang nantinya menjadi temuan baru.

“Temuan baru itu menjadi sangat berharga manakala dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia” terangnya. Diharapkan lanjut Win, siswa SMA YPI Tunas Bangsa dapat bergabung menjadi bagian civitas akademika UIN Raden Fatah, dalam mengembangkan teknologi di bidang pendidikan Fisika.

“Semoga kegiatan ini memiliki nilai manfaat besar baik secara teoritis mauupun praktis, baik pada mahasiswa, siswa dan kelembagaan,” tutupnya.

Sementara Wakil Kepala Sekolah bagian Humas mewakili Kepala Sekolah SMA YPI Tunas Bangsa Palembang Fahrurrozi,S.Pd., M.M. menyampaikan terimakasih kepada dosen Pendidikan Fisika UIN Raden Fatah Palembang yang telah memilih SMA YPI Tunas Bangsa sebagai lokasi unutk melaksanakan kegiatan PKM.

“Semoga Pendidikan Fisika UIN Raden Fatah Palembang menjadi mitra untuk kegiatan selanjutnya,” terangnya.

Pada kegiatan ini diikuti para guru dan siswa sebagai peserta pelatihan. Dengan narasumber dari dosen dan mahasiswa yaitu Dr (C). Muhammad Jhoni, M.Pd, Dr (C). Suhadi, M.Si., Faizatul Mabruroh, M.Pd., Andi Putra Sairi, M.Pd., Herma Widya, M.Pd., Nur Hamidah, M.Si., Sobariyani, dan Dwi Ayu Wulandari dan Purwadi Susilo, M.Pd.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: rilis pers