Pilkades Usai, Panitia Serahkan Laporan Hasil ke BPD Tanjung Baru

Pilkades Usai, Panitia Serahkan Laporan Hasil ke BPD Tanjung Baru

Ketua Panitia Pilkades Tanjung Baru, Johan Eka Wijaya DN MPd (tiga dari kiri) menyerahkan berkas laporan hasil Pilkades kepada Ketua BPD, Syahruddin SP (baju putih).-ok-liputan

BATURAJA,OKUTIMURPOS.COM-Panitia Pilkades Tanjung Baru Kecamatan Baturaja Timur menyerahkan berita acara (BA) hasil pemungutan suara kepada BPD, Sabtu (07/10/2022).

 



Selanjutnya BA hasil Pilkades oleh Ketua BPD, Syahruddin SP yang akan menyerahkan ke Pj Bupati OKU melalui Camat Baturaja Timur.

 



Sebelumnya, BPD terlebih dahulu menetapkan calon kades Tanjung Baru yang terpilih. Kemudian menyampaikannya ke Pj Bupati OKU melalui Camat Baturaja Timur.

Suasana rapat penyerahan laporan hasil Pilkades Tanjung Baru



Untuk dìketahui Calon Kades Tanjung Baru terpilih pada Selasa (4/10/2022) yakni nomor urut 2 Subri Bustan ST dengan perolehan suara 3.198. Calon nomor urut 1 Sudikto meraih 1.384 suara.

Dan calon nomor urut 3 M Dewi Subhan dengan perolehan suara 607. Suara tidak sah sebanyak 106 suara.

Sehingga jumlah mata pilih yang hadir 5.295. Jumlah mata pilih 7.469. Jadi tingkat partisipasi pemilih sebesar 70,89%.

Ketua Panitia Pilkades Tanjung Baru, Johan Eka Wijaya DN MPd mengungkapkan rasa syukur atas suksesnya pelaksanaan Pilkades.

"Alhamdulillah. Pelaksanaan Pilkades Tanjung Baru berjalan lancar dan sukses. Tidak ada permasalahan yang berarti," kata Johan Eka Wijaya dalam sambutannya.

Lebih lanjut Johan menyampaikan, dengan demikian sesuai tahapan berikutnya, setelah tiga hari masa sanggahan (3 x 24 jam), tidak ada keberatan yang masuk ke BPD terhadap hasil Pilkades.

"Maka hari ini (Sabtu, 8 Oktober 2022), kita melanjutkan tahapan akhir yakni menyampaikan laporan hasil Pilkades kepada BPD Tanjung Baru," tambah Johan Eka Wijaya.

Hasil Perolehan Suara



Bahwasanya kata Johan tugas panitia menjalankan tahapan Pilkades telah usai. Dengan penyampaian laporan ini, maka tuntaslah pekerjaan panitia.

Selanjutnya adalah tugas BPD lah untuk menyampaikan hasil Pilkades Tanjung Baru kepada Camat untuk diteruskan ke Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah.

"Meski tugas panitia sudah berakhir, tetapi berdasarkan SK dan aturan seperti Perda dan Perbup masa tugas panitia berlaku hingga 16 Desember 2022. Ini sesuai dengan berakhirnya periode kepala desa yang lama dan serah terima jabatan serta pelantikan kepala desa terpilih," tegas Johan.

Atas suksesnya pelaksanaan Pilkades, Johan juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kades Tanjung Baru, Amin Rahman.

"Berkat fasilitas dan bantuan kades, perangkat beserta jajaran mulai dari Kadus hingga RT. Pelaksanaan Pilkades berjalan lancar dan sukses. Oleh karena itu kami atas nama panitia mengucapkan terima kasih," kata Johan.

Kepada Ketua BPD dan jajarannya selaku pengawas lanjut Johan, panitia juga menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya.

"Artinya kesuksesan pelaksanaan Pilkades ini merupakan keberhasilan masyarakat Tanjung Baru. Dan berkat kekompakan dan sinergisitas antara pantia, BPD, kepala desa dan jajarannya. Untuk kekompakan ini sekali lagi kami sampaikan ucapan terima kasih."

Kepala Desa Tanjung Baru, Amin Rahman dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kinerja jajaran panitia Pilkades Tanjung Baru.

"Kami selaku kades dan jajaran pemerintahan desa Tanjung Baru menyampaikan terima kasih. Atas kinerja panitia dan jajaran. Juga kepada Ketua BPD dan anggota yang juga telah bersinergi untuk menyukseskan Pilkades ini," ujar Amin Rahman.

Anggota panitia Pilkades



Amin Rahman tak lupa pula menyampaikan pesan kepada masyarakat Tanjung Baru dan Kemilau Baru. Kata Amin Rahman, dalam proses demokrasi itu berbeda pilihan adalah hal yang biasa.

"Karena Pilkades telah usai, maka yang tadinya berbeda dukungan, pilihan dan terkotak-kotak, hilangkan semua perbedaan tersebut. Mari kita kembali bersatu untuk membangun Desa Tanjung Baru. Lupakan semua perbedaan," pinta Amin Rahman.

Begitu juga Ketua BPD Tanjung Baru Syahruddin SP menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada panitia Pilkades dan jajaran.

"Terima kasih kepada panitia dan jajarannya atas kinerjanya. Dalam pelaksanaan Pilkades yang berjalan lancar dan sukses," ujar Syahruddin.

Lalu, lanjut Syahruddin, "Kami juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada kades dan jajarannya yang telah memfasilitasi untuk kelancaran dan kesuksesan Pilkades Tanjung Baru," kata Syahruddin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: liputan