Desa Jayamulya Salurkan BLT Dana Desa

Desa Jayamulya Salurkan BLT Dana Desa

Terlihat kepala Desa saat menyalurkan BLT Dana Desa kepada masyarakat. Foto: Dwi/OKUTPOS--

SEMENDAWAI SUKU III, OKUTIMURPOS.COM - Penyaluran Bantuan Langsung Tunai yang bersumber dari Dana Desa (BLT-DD) akibat dampak dari wabah virus Corona yakni pemerintah harus lebih proaktif membantu dan menyelamatkan rakyatnya. Penyaluran BLT-DD TA 2022 untuk 84 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) oleh Kepala Desa Jaya Mulya Kecamatan Semendawai Suku III 

 

"BLT-DD kita serahkan langsung melalui perangkat Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) pendamping Desa yang disaksikan oleh pemerintah kecamatan, Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa," terang Wakidi Kepala Desa Jayamulya.

 

Akibat dari wabah virus Corona, Kepala desa menyalurkan bantuan BLT-DD Rp 300 ribu/KK setiap bulan, secara transparan. Dari data tersebut sudah berdasarkan hasil survei pendamping  desa, dan pendamping kecamatan sesuai yang data .

“Berdasarkan pendataan dari desa yang berhak menerima BLT-DD sesuai kriteria yang memang betul-betul miskin, kurang mampu dan orang cacat tercatatat 84 penerima,” tuturnya.

 

Berdasarkan kategori bahwa rata-rata penerima bantuan ini mereka yang terputus mata pencahariannya akibat dampak dari Covid-19. Kegiatan penyaluran BLT-DD untuk tahap pertama adapun penerima bantuan rata-rata petani dan buruh harian lepas yang tidak punya kerja tetap.

 

“Sementara untuk warga yang sudah menerima BLT-DD tidak lagi mendapatkan bantuan program Kemensos, termasuk penerima Bantuan Sosial Tunai (BST), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Penerima Keluarga Harapan (PKH) karena tidak kita data lagi dalam penerimaan bantuan BLT-DD,” tutupnya.(Dira)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: liputan langsung