ICMI OKU Selatan Apresiasi Pelantikan Pengurus Dewan Adat Kabupaten

ICMI OKU Selatan Apresiasi Pelantikan Pengurus Dewan Adat Kabupaten

Ketua ICMI OKU Selatan dr. Febri, berfoto bersama pengurus Dewan Adat OKU Selatan, periode 2022-2027. Foto: Harianokuselatan--

MUARADUA, OKUTIMURPOS.COM - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten OKU Selatan menggelar Pelantikan Dewan Pembina Adat Kabupaten OKU Selatan Periode 2022-2027, Rabu (21/09/2022).

Pelantikan yang digelar di Aula Pemlab OKU Selatan ini dilakukan secara langsung oleh Bupati OKU Selatan Popo Ali M., B. Commerce dan turut Hadir Para FKPD, Para Kepala OPD, Para Camat, Para Kepala Bagian di lingkungan Pemerintah Kabupaten OKU Selatan, para Insan Pers serta undangan lainnya.

Pelantikan ini sendiri dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Nomor 378/KPTS/PARBUD/2022 tentang Pembentukan Pengurus Dewan Pembina Adat Kabupaten OKU Selatan Periode 2022-2027 ini sendiri Dalam laporannya, Ketua Pelaksana sekaligus Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kabupaten OKU Selatan, Jos Akherman,S.STP.,M.Si. menyampaikan bahwa dasar Pelaksanaan Kegiatan ini adalah UU Nomor 5 Tahun 2017 tentang pemajuan Kebudayaan.

Selain itu juga Permendagri Nomor 39 tahun 2017 tentang Pedoman Fasilitas Organisasi Kemasyarakatan Bidang Kebudayaan, Keraton, dan lembaga adat dalam pelestarian dan pengembangan budaya daerah, serta SK Bupati OKU Selatan Nomor 335/KPTS/ PARBUD/2018, tentang pokok pikiran kebudayaan daerah Kabupaten OKU Selatan.

Selanjutnya Kepala Dinas Pariwisata juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dewan Pembina Adat Periode sebelumnya, atas pengabdian, dedikasi, loyalitas serta integritas dalam membantu Pemerintah demi kemajuan kelestarian Adat dan Budaya yang ada di OKU Selatan.

Kepada Kepengurusan Dewan Pembina Adat yang akan dilantik pada hari ini, Jajaran Pemerintah siap bersinergi dan berkolaborasi mendukung penuh program-program Lembaga Adat, demi Kemajuan Adat dan Budaya yang ada di OKU Selatan,” ujarnya.

Pada Kesempatan itu Ketua Pengurus Dewan Pembina Adat Kabupaten OKU Selatan yang baru saja dilantik, Drs. Chairuman,M.M. menyampaikan juga ucapan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan.

Harapannya semoga kepengurusan baru ini dapat selalu bersinergi bersama Pemerintah Daerah dan selalu menjaga serta mengembangkan budaya yang ada di OKU Selatan.

Bupati Popo dalam kegiatan tersebut turut menyampaikan ucapan selamat menjalankan tugas dan kewajiban Kepada Dewan Pengurus Adat yang baru saja dilantik.

Dirinya berharap semoga adat dan budaya yang ada di OKU Selatan selalu tergaja dengan baik dan dikembangkan, sehingga generasi muda tau sejarah adat istiadat leluhur kita dahulu ciptakan.

“Perlu kita ketahui salah satu peninggalan leluhur kita pada saat ini telah mendunia adalah Kain Khas OKU Selatan Kawai Kanduk, yang sampai saat ini dikenal sampai Manca Negara. Bukan hanya Pejabat Daerah OKU Selatan saja yang memakainya, namun juga Pejabat Provinsi bahkan Pejabat tingkat Nasional diantaranya, Ibu Panglima TNI telah memakai Kain khas OKU Selatan itu di Negara Brunai Darusalam pada waktu lalu,” ujarnya.

Untuk itu dirinya mengajak semua pihak untuk saling bahu membahu guna melestarikan Adat dan Budaya yang ada di OKU Selatan. “Semoga dengan adanya Kepengurusan ini dapat menjadikan masyarakat lebih kompak dan tidak ada Perpecahan Antar Masyarakat OKU Selatan,” sambungnya.

 

Sementara itu Pengurus Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kabupaten OKU Selatan, turut berapresiasi dan menyampaikan ucapan selamat atas dilantiknya para pengurus Dewan Pembina Adat Kabupaten OKU Selatan Periode 2022- 2027.

ICMI OKU Selatan sangat yakin dan percaya adat Istiadat dan kebudayaan serta  berbagai kearifan lokal yang ada serta dimiliki oleh daerah ini akan semakin lestari, sekaligus berjaya kedepannya.

Berbagai Adat Istiadat yang juga termasuk merupakan kekayaan yang dimiliki  daerah ini. Hal ini ini disampaikan oleh Ketua ICMI OKU Selatan, dr. Febri saat berbincang dengan harianokus,com seusai berlangsung acara pelantikan

"Kami dari pengurus ICMI OKU Selatan mengucapkan selamat dan sukses atas telah dilantiknya pengurus dewan pembina adat Kabupaten OKU Selatan pada hari ini. Semoga berbagai adat Istiadat dan kebudayaan yang ada di daerah ini tetap makin lestari dan tetap terjaga dengan baik yang merupakan peninggalan leluhur terdahulu termasuk juga merupakan kekayaan dibidang seni budaya yang di miliki oleh daerah ini," ujar dr. Febri.

ICMI OKU Selatan Juga menyampaikan rasa Apresiasinya terhadap kepengurusan Dewan Adat OKU Selatan sebelumnya yang telah turut berperan serta berkontribusi terhadap pelestarian berbagai adat istiadat  yang ada di OKU Selatan hingga saat ini. (DK)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://okuselatan.disway.id/