DPS Pilkades Tanjung Baru 7.087 Jiwa

DPS Pilkades Tanjung Baru 7.087 Jiwa

Kades Tanjung Baru, Amin Rahman saat memberikan sambutan dan arahan.-baik-liputan

*Masih Menunggu DPS Tambahan

BATURAJA,OKUTIMURPOS.COM-Panitia Pilkades Tanjung Baru berhasil mendata 7.087 mata pilih (Jiwa). Ini menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS).

Demikian hasil rapat Penetapan DPS oleh panitia, Rabu, 24 Agustus 2022 di sekretariat Panitia Pilkades Tanjung Baru.

"Daftar Pemilih Sementara (DPS) ini akan kita sosialisasikan kepada masyarakat Tanjung Baru. Sosialisasi ini melalui sosial media maupun print out-nya akan ditempel oleh Ketua RT masing-masing," ujar Ketua Panitia Pilkades, Johan Eka Wijaya DN MPd.

Bagi masyarakat yang memiliki HP Android dan jaringan internet, lanjut Johan, bisa mengeceknya secara online. Lewat link:  bit.ly/cek_dps_pilkades.

Caranya klik link tersebut lalu masukan NIK (Nomor Induk Kependudukan). Setelah memasukan NIK lalu klik search dan akan muncul nama anda.

 

 

Contoh kolom cek dps online

"Jika ada kesalahan data. Silakan berikan masukan melalui link itu juga klik isi masukan. Lalu muncul formulir dan silakan isi. Tanda bintang wajib diisi. Kemudian isilah kolom masukan perbaikan data," tambah Johan sembari menjelaskan DPS ini bisa berkurang atau bertambah karena pendataan dan pencocokan mata pilih masih berjalan.

Kolom masukan untuk masukan perbaikan data pemilih



Atau jika tidak bisa mengisi link tersebut, kata Johan, hubungi Ketua RT di wilayah masing-masing. Pendataan mata pilih ini, kata Johan dikomandoi oleh Arif Qosim sebagai koordinator.

"Data yang sudah masuk adalah sementara. Kita masih menunggu daftar pemilih sementara tambahan atau DPST. Kepada petugas penginput data masih ada waktu untuk menginput data tambahan atau perbaikan data setelah ada masukan dari warga atau ketua RT," pungkas Johan dalam rapat penetapan Data Pemilih Sementara.

Kepala Desa Tanjung Baru, Amin Rahman, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada panitia. Atas kerja keras panitia terutama petugas penginput data mata pilih, maka pendataan selesai tepat waktu.

"Terima kasih kepada seluruh panitia. Terutama petugas penginput data mata pilih yang telah bekerja keras untuk menyelesaikan tugasnya. Masih ada waktu. Karena masih ada tahap berikutnya yakni Daftar Pemilih Sementara Tambahan," ujar Amin Rahman.

Amin juga menyampaikan Rabu, 24 Agustus 2022 , pihaknya kedatangan tim monitoring dan evaluasi. Yakni tim monev dari Polres OKU dan tim monev dari Kecamatan Baturaja Timur.

"Alhamdulillah. Dari hasil monev tersebut kita mendapatkan nilai sangat baik. Kalau diangka kan kita mendapatkan nilai 100. Tepuk tangan untuk kita semua, khususnya Panitia Pilkades," kata Amin.

Amin Rahman juga mengingatkan kepada petugas input data. Jangan sampai ada warga yang tidak terdata dalam DPS maupun DPST. Karena DPS inilah yang akan ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT).

"Kalau tidak termasuk dalam DPT, maka warga tersebut tidak bisa menyalurkan hak suaranya. Jadi jangan sampai ada yang tidak terdata."

Untuk membantu pendataan mata pilih, lanjut Amin Rahman, pihaknya baik Desa Tanjung Baru maupun Desa Persiapan Kemilau Baru akan menggelar pelayanan rekam E KTP dan lain lain.

"Pelayanan ini bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil OKU. Pelaksanaannya Kamis, 25 Agustus 2022," pungkas Amin Rahman.

Suasana Rapat Penetapan DPS Pilkades Tanjung Baru

 


Ketua BPD Tanjung Baru, Syahruddin, sebagai koordinator pengawasan juga menyampaikan penghargaannya kepada panitia.

"Ini luar biasa. Panitia Pilkades telah bekerja dengan maksimal. Dan untuk pendataan mata pilih, kita Tanjung Baru saja yang menggunakan aplikasi Spreadsheet," ujar Syahruddin saat rapat.

Hadir juga pada rapat penetapan DPS Kades Persiapan Kemilau Baru, Zainal Arifin SIP. Babinkamtibmas Tanjung Baru, Babinsa Tanjung Baru dan jajaran Panitia Pilkades. (pur)





Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: liputan