Alat Ini Bisa Mempercepat Tanam Jagung, Ingin Tahu?

Alat Ini Bisa Mempercepat Tanam Jagung, Ingin Tahu?

Terlihat penanaman jagung menggunakan alat modern. Dwi/okutpos--

BUNGA MAYANG, OKUTIMURPOS.COM – Tanam jagung mengunakan alat modern yang dilakukan oleh warga Tunas Pracak untuk mempercepat Tanam jagung.

Dalam satu hektar yang biasanya bisa sampai satu hari namun dengan mengunakan alat modern ini hanya butuh waktu 3 jam saja dan tidak membutuhkan banyak pekerja.

Dikatakan Taufik (34), warga Tunas Pracak Kecamatan Martapura pemilik alat modern untuk tanam jagung.

“Alat ini digunakan untuk mempermudah pekerjaan dirinya dalam menanam jagung,” ujarnya.

Selain menanam jagung di lahanya sediri dirinya juga sering di suruh tetanga sekitar untuk menanam jagung dengan mengunakan alat modern tersebut karena dengan alat tersebut hanya butuh waktu 3 jam saja dalam satu hektar lahan yang akan di tanami jagung.

“Padahal sebelum mengunakan alat tersebut dalam satu hektar itu bisa sampai satu hari bahkan lebih, tentu alat ini sangat mempermudah pekerjaanya dalam menanam jagung,” imbuhnya Untuk upah sediri dirinya mematok harga, dari banyaknya jumlah jagung yang akan di tanam.

Dalam 5kg bibit jagung yang siap tanam dihargai Rp200 ribu. Terlebih hasil dari penanaman jagung dengan mengunakan alat modern ini lebih rapi dan pekerjaanya juga semakin lebih cepat di bandingkan dengan cara manual atau sering di sebut juga alat gejik,” pungkasnya.

Sementara Udin salah satu petani jangung mengatakn dirinya sering mengunkan jasa penanaman bibit jagung dengan mengunakan alat modern tersebut.

Karena dengan mengunakan alat tersebut penanaman jangung bisa lebi cepat. “Selain proses tanam lebih cepat, tanaman jagung saat tumbuh lebih rapi dan tertata,” jelasnya.(dira)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: liputan lapangan