Warga Kompak Jemur Ratusan Bonsai Hias

Warga Kompak Jemur Ratusan Bonsai Hias

KOMPAK : Warga dari penjuru Kabupaten kompak jemur ratusan bonsai di halaman Kecamatan Buay Madang Timur dan Polsek Buay Madang Timur. FOTO : DEO/OKUTPOS--

OKUTIMURPOS.COM, BUAY MADANG TIMUR - Warga dari penjuru Kabupaten kompak jemur ratusan bonsai di halaman Kecamatan Buay Madang Timur dan Polsek Buay Madang Timur.
 
Kegiatan tersebut dalam rangka jemur perdana, kumpul sedulur dan launching geliat pesona alam Bumi Sebiduk Sehaluan oleh pecinta seni bonsai.
 
Camat BMT, M Andrie mengatakan, pihaknya mendukung sepenuhnya kegiatan yang bersifat positif dan mempunyai nilai seni seperti jemur perdana bonsai tersebut. Dengan mengagendakan kegiatan sebagai kegiatan tahunan.
 
"Kita terus lanjutkan kedepannya, sampai OKU Timur terkenal sebagai penghasil bonsai. Bonsai ini seni, sangat telaten dengan menggunakan hati dan tumbuh dengan cinta," ungkapnya, Lapangan Kantor Kecamatan BMT, Minggu (31/07/2022).
 
Sementara, Kapolsek BMT IPTU Alimin SH menambahkan, memelihara bonsai yang membutuhkan ketelatenan dan tekun diyakini mampu memberikan ketenangan. 
 
Sehingga, akan mampu mendapatkan inspirasi menciptakan karya seni bernilai tinggi pada tanaman bonsai.
 
Menurutnya, dengan adanya ketelitian dan ketenangan dalam mengurus bonsai inilah diyakini akan mampu meminimalisir tindakan-tindakan yang mengarah ke kriminalitas.
 
"Bonsai membuat damai, ini harus disalurkan dan ditularkan ilmunya ke generasi muda, untuk menghilangkan kenakalan anak muda, dan menggali potensi anak muda," imbuhnya.
 
Ketua pelaksana peran dan jemur perdana bonsai, Nurhadi menjelaskan, kegiatan yang diikuti oleh lebih dari 250 tanaman bonsai dari OKI, OKU, OKU Timur, dan Way Kanan sebagai ajang silaturahmi dan mempererat persaudaraan para pecinta bonsai.
 
Untuk itu, lanjut Nurhadi, pihaknya mengharapkan dari Pemerintah Daerah ( Pemda) OKU Timur melalui dinas terkait adanya dukungan bagi para pecinta bonsai. Untuk dapat mengagendakan pameran bonsai berskala nasional.
 
"Setiap keluar (daerah) untuk ikut pameran, kami selalu membawa nama OKU Timur. Kedepan, kami akan berkoordinasi dengan Pemda, untuk mengagendakan pameran nasional bonsai di OKU Timur. Itu sangat kami harapkan. Karena kalau kami dari komunitas tidak akan mampu," ungkapnya.
 
Ketua Ranting Pecinta Bonsai BMT, Hendri menambahkan, kegiatan bonsai diyakini akan mampu membangkitkan ekonomi masyarakat. Disamping harga tanaman bonsai yang sudah jadi, ekonomi masyarakat pengrajin pot akan terdongkrak dengan tingginya permintaan pot.
 
"Kerajinan dan  kesenian bonsai ini akan mampu membangkitkan ekonomi masyarakat, karena banyak pengrajin yang terlibat didalamnya," paparnya.
 
Pameran dan jemur bonsai yang berlangsung di Lapangan Kantor Kecamatan BMT diikuti oleh lebih dari 250 tanaman bonsai berbagai jenis, dengan kisaran harga dari ratusan ribu hingga puluhan juta. (clau)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: