FITK Tuan Rumah Olimpiade Sains Mahasiswa, Abdullah Idi: Terus Kembangkan Potensi Diri

FITK Tuan Rumah Olimpiade Sains Mahasiswa, Abdullah Idi: Terus Kembangkan Potensi Diri

OKUTIMURPOS.COM, PALEMBANG – Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang kembali menggelar Olimpiade Sains Mahasiswa (OSM). Ini merupakan kali kedua dilaksanakannya ajang tersebut.

“Kegiatan ini merupakan wujud eksistensi Prodi Sains di FITK. Tujuannya selain mencari bibit sumber daya manusia (SDM) unggul bidang sains, juga sebagai peningkatan iklim kompetitif di kalangan mahasiswa,” ungkap Dr. M. Win Afgani, M.Pd, Ketua Pelaksana sekaligus Kaprodi Pendidikan Fisika FITK usai Technical Meeting (TM), Senin lalu (27/6/2022).

Win sapaan akrabnya menambahkan, OSM ini sendiri merupakan kegiatan kedua di tahun 2022. “Berlangsung pada Senin hingga Rabu, yaitu tanggal 27-29 Juni 2022 di Ruang Teather Lantai 4 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan,” terangnya.

Untuk memberikan kemudahan bagi mahasiswa, maka dilakukan TM terlebih dahulu. Agar kata dia, dapat membantu para peserta dalam memahami kegiatan tersebut. Oleh karena itu yang disampaikan pada acara TM berupa teknik pelaksanaan, peta lokasi, peta kelas dari masing-masing bidang, data peserta lomba masing-masing bidang, pakaian, dan teknik pelaksanaan.

Pada hari Selasa, 28 Juni 2022 yaitu hari Pembukaan acara dan lomba Olimpiadenya. Hadir dalam kegiatan pembukaan OSM ini Dekan FITK Prof. Dr. Abdullah Idi, M.Ed., Wakil Dekan Fitri Oviyanti, M.Ag, para Kaprodi dan Sekprodi di lingkungan FITK, para Dosen FITK, segenap panitia, dan seluruh peserta OSM. Peserta OSM terdiri dari 38 peserta OSM Matematika, 24 peserta OSM Biologi, 12 peserta OSM Fisika, dan 16 peserta OSM Kimia. Dimana event ini diselenggarakan untuk mahasiswa semester 2/4 PTN/PTS/PTKIN/PTKIS.

“Hari ini (Rabu,red) merupakan pengumuman pemenang yang disaksikan lansgung Dekan FITK Prof. Dr. Abdullah Idi, M.Ed., para Kaprodi dan Sekprodi di lingkungan FITK, para Dosen FITK, segenap panitia, dan seluruh peserta OSM. Peserta juga berasal dari Universitas Nurul Huda Sukaraja, UNSRI, dan tentunya dari UIN Raden Fatah Palembang. “Ini merupakan suatu prestasi dan kebanggaan bagi FITK, khususnya Prodi Sains," katanya seraya mengucapkan terima aksih kepada jajaran pimpinan FITK atas dukungannya.

Sementara Dekan FITK Raden Fatah Palembang Prof. Dr. Abdullah Idi, M.Ed, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada panitia kegiatan yang telah bekerja keras, cerdas, dan Ikhlas. "Kegiatan ini diikuti oleh para mahasiswa yang memiliki semangat tinggi dalam belajar, dalam mencari ilmu terutama ilmu-ilmu yang bisa mengantarkan kehidupan yang sejahtera dunia dan akhirat,” terangnya.

Olimpiade Sains Mahasiswa (OSM) yang digalakkan itu tujuannya adalah agar mahasiswa kreatif, mencari dan mengembangkan potensi diri, selain ditempuh di bangku kuliah.

“Tak ada prestasi orang itu langsung dimulai dari atas, tapi dari bawah, dan melalui kegagalan-kegagalan. Oleh sebab itu kita harus mengasah diri sendiri. Jadi jika kita ingin maju, harus dari diri kita sendiri, sedangkan bagian eksternal hanya mendorong kita,” imbuhnya. Ia juga berharap semoga kegiatan ini berjalan lancar dan sukses. (rls/fitk.rf)

PEMENANG OLIMPIADE SAINS MAHASISWA 2022

Bidang Biologi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: liputan rilis