Begini Cara Daftar di Aplikasi MyPertamina, saat Beli Pertalite dan Solar

Begini Cara Daftar di Aplikasi MyPertamina, saat Beli Pertalite dan Solar

OKUTIMURPOS.COM, JAKARTA - Aplikasi MyPertamina menjadi syarat wajib untuk membeli Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis Pertalite dan Solar.

"Kami menyiapkan website MyPertamina, yakni https://subsiditepat.mypertamina.id/ yang dibuka pada 1 Juli 2022," kata Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution dalam keterangan di Jakarta, Senin (28/6/2022).

Diketahui PT Pertamina akan melakukan uji coba penyaluran Pertalite dan Solar bagi pengguna berhak yang sudah terdaftar di dalam sistem MyPertamina mulai 1 Juli 2022 mendatang.

Menurutnya, masyarakat yang merasa berhak menggunakan Pertalite dan Solar dapat mendaftarkan datanya melalui situs tersebut.

Selanjutnya menunggu apakah kendaraan dan identitasnya terkonfirmasi sebagai pengguna yang terdaftar.

Alfian meminta masyarakat tidak perlu khawatir apabila tidak memiliki aplikasi MyPertamina. 

Sebab, pendaftaran dapat dilakukan semua di website MyPertamina https://subsiditepat.mypertamina.id/.

Pengguna yang sudah melakukan pendaftaran kendaraan dan identitasnya kemudian akan mendapatkan notifikasi melalui email yang didaftarkan.

"Pengguna terdaftar akan mendapatkan kode QR khusus yang menunjukkan data mereka telah cocok dan dapat membeli Pertalite dan Solar," terang Alfian.

Pertamina menjamin jika seluruh data sudah cocok, konsumen dapat melakukan transaksi di SPBU dan seluruh transaksinya akan tercatat secara digital.

"Inilah yang kami harapkan, Pertamina dapat mengenali siapa saja konsumen Pertalite dan Solar. Sehingga bisa menjadi acuan dalam membuat program ataupun kebijakan terkait subsidi energi bersama pemerintah sekaligus melindungi masyarakat yang saat ini berhak menikmati bahan bakar bersubsidi," pungkas Alfian.

Saat ini, Pertamina Patra Niaga terus memperkuat infrastruktur serta sistem untuk mendukung program penyaluran Pertalite dan Solar secara tepat sasaran.

Uji coba awal akan dilakukan di beberapa kota maupun kabupaten yang tersebar di lima provinsi. Yaitu Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Jawa Barat, dan Yogyakarta.

Diketahui, mulai 1 Juli 2022, PT Pertamina (Persero) akan memberlakukan pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis Pertalite dan Solar dengan menggunakan aplikasi MyPertamina.

Dilansir dari mypertamina. id, Per 1 Juli nanti, Pertamina akan melakukan distribusi BBM trbaru ini dan akan diberlakukan di 11 daerah di 5 provinsi. Setelah itu akan diperluas ke daerah lain.

Berikut 11 daerah kabupaten/kota yang diwajibkan menggunakan MyPertamina dalam pembelian BBM Solar dan Pertalite.

1. Kota Bukit Tinggi

2. Kab. Agam

3. Kota Padang Panjang

4. Kab. Tanah Datar

5. Kota Banjarmasin

6. Kota Bandung

7. Kota Tasikmalaya

8. Kab. Ciamis

9. Kota Manado

10. Kota Yogyakarta

11. Kota Sukabumi

Berikut Cara Instal Aplikasi MyPertamina:

Pertama, instal aplikasi MyPertamina melalui Google Play Store atau App Store.

Kedua, setelah terinstal kemudian buka aplikasi MyPertamina dan muncul laman setup dan klik Lanjutkan. 

 

Ketiga, pilih mulai dan isi nomor telepon dan PIN 6 digit.

Keempat, pada laman registrasi isi Nama Lengkap, Nomor Telepon, PIN 6 Digit dan ketik ulang PIN 6 digit dan klik Daftar. 

Kelima, aplikasi MyPertamina kemudian akan mengirimkan kode SMS OTP ke nomor yang didaftarkan.

Keenam, setelah hasil verifikasi berhasil, tekan ok maka anda akan otomatis login ke aplikasi MyPertamina.

Ketujuh, jika terdapat permintaan izin perangkat untuk mengakses lokasi, mengambil gambar, dan mengakses foto, media, dan file, pilih Izinkan.

Kedelapan, setelah itu hubungkan aplikasi MyPertamina dengan akun LinkAja milik anda sebagai metode pembayaran. Caranya dengan mengunduh aplikasi LinkAja yang sudah tersedia di Google Play Store dan App Store. 

 

Jika tahapan sudah dilakukan, Anda bisa gunakan aplikasi MyPertamina untuk pembayaran di SPBU.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: fin.co.id