Aksi Solidaritas, AFFA, AFJ dan ADSH: Hentikan Impor Hewan Hidup

Sabtu 15-06-2024,14:05 WIB
Reporter : Yogi Ruandy
Editor : Yogi Ruandy

 

“Beberapa minggu lalu, Britania Raya telah memperkenalkan larangan terhadap ekspor hewan hidup, dan negara lain, seperti Australia, Selandia Baru, dan Brasil telah mengambil langkah untuk mengakhirinya, tetapi masih banyak tindakan yang perlu diambil untuk mengakhiri perdagangan ini secara global,” lanjutnya.

 

Sejumlah aktivis AFFA menggelar aksi di depan Kementerian Perdagangan RI, Gambir, Jakarta Pusat dengan membawa properti visual berupa poster dan dua standee yang menampilkan kondisi memprihatinkan hewan-hewan dalam pengangkutan dan angka yang menggambarkan jumlah sapi yang diimpor dari Australia ke Indonesia setiap tahunnya.

 

Kemudian di Yogyakarta, 20 aktivis yang tergabung dalam AFJ melangsungkan aksi di Nol KM dengan dua orang masing-masing memegang TV yang menampilkan penderitaan hewan selama

perjalanan impor dan ekspor. Aktivis lainnya memegang poster dan banner serta memberikan edukasi kepada pengguna jalan, sembari membagikan stiker.

 

Sementara itu, aktivis ADSH juga menempelkan stiker di ruang publik di Bali. Aksi yang sama juga dilakukan aktivis perlindungan hewan lainnya di Yogyakarta, Malang, Lombok dan Medan.

Mempertimbangkan dampak praktik ini, Selandia Baru, Britania Raya, Brasil dan Australia, telah menghentikan praktik ekspor hewan hidup yang merugikan. Pemerintah Indonesia seharusnya

ikut serta mengambil langkah positif dalam meningkatkan kesejahteraan hewan dan pelestarian lingkungan dengan menerapkan larangan terhadap praktik impor hewan hidup.

 

Diketahui bahwa Animal Friends Jogja (AFJ) ini adalah organisasi nirlaba yang dibentuk pada tahun 2010 dan berkomitmen untuk memperjuangkan hak dan perlindungan hewan di Indonesia. AFJ adalah bagian dari Member League OIPA/Organizzazione Internazionale per la Protezione degli Animali (Organisasi Internasional untuk Perlindungan Hewan yang Berhubungan dengan Departemen Informasi Publik PBB), anggota koalisi Dog Meat Free Indonesia (DMFI), Act for Farmed Animals (AFFA), Asia for Animals (AfA), dan Open Wing Alliance (OWA). Pada tahun 2016,

AFJ mulai mengampanyekan isu kesejahteraan hewan yang diternakkan dan menjadi LSM pertama yang menyuarakan isu tersebut di Indonesia.

 

Sedangkan Act for Farmed Animals (AFFA) adalah inisiatif kolaboratif antara Animal Friends Jogja dan Sinergia Animal untuk mengurangi penderitaan hewan yang diternakkan di Indonesia dan mendorong pilihan makanan yang lebih bijaksana dan lebih welas asih.

Kategori :