Jakarta - Produsen es krim terpopuler Indonesia Aice Group yang juga dikenal sebagai perusahaan es krim yang inovatif, berhasil meraih penghargaan prestisius dalam kategori es krim pada Top Halal Award (THA) 2023 yang diselenggarakan oleh IHATEC Marketing Research, Rabu (18/10/2023) lalu di Jakarta.
THA kali ini menjadi pengakuan masyarakat atas visi Aice yang kuat dalam mendukung penciptaan kuliner yang sesuai dengan kebutuhan umat Muslim. Aice sendiri memproduksi es krim halal terbaik tidak hanya untuk pasar Indonesia, tetapi juga ke banyak negara Asia Tenggara dimana Aice mengekspor produk es krimnya.
Dengan lebih dari 85% penduduk Indonesia yang menganut agama Islam, dan mayoritas negara-negara di Asia Tenggara juga memiliki mayoritas penduduk Muslim, Aice memahami betapa pentingnya menjaga kehalalan produk mereka sesuai dengan keyakinan umat Muslim.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Dr. Ir. Airlangga Hartarto, M.B.A., M.M.T., IPU yang menghadiri acara THA tahun 2023 secara daring menyampaikan apresiasi terhadap ajang penghargaan THA serta menambahkan bahwa saat ini perekonomian dan keuangan syariah di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup pesat, dan angka ini berpotensi untuk terus mengalami peningkatan kedepannya.
“Angka penduduk muslim di Indonesia yang semakin meningkat juga diimbangin dengan semakin meningkatnya permintaan produk, jasa, serta gaya hidup masyarakat dalam mengkonsumsi produk halal. Kita bisa melihat bahwa potensi dari perekonomian syariah di Indonesia akan terus mengalami peningkatan.
"Saya sangat mengapresiasi penganugerahan Top Halal Award 2023, dan berharap hal ini bisa menjadi motivasi bagi para brand serta pelaku usaha untuk terus berinovasi dan memberikan produk dengan kualitas terbaik yang memenuhi standar sehingga bisa bersaing baik di pasar dalam negeri maupun global.” ucap Airlangga.
Aice menjadi salah satu dari 31 brand yang berhasil meraih posisi teratas dalam Top Halal Index (THI), mencerminkan komitmen mereka untuk menghadirkan produk es krim halal berkualitas terbaik.
Dari pemilihan bahan hingga proses produksi, Aice telah memastikan bahwa produk mereka memenuhi standar ketat dalam hal kehalalan dan kualitas. Kemenangan ini menambah daftar prestasi Aice dalam menghadirkan keceriaan bagi masyarakat melalui es krim yang lezat, serta berkualitas tinggi.
Penghargaan THA kali ini mendapatkan 31 brand dengan nilai tertinggi tersebut dari total 500 brand yang dinilai oleh responden secara terbuka. Brand terbaik meraih nilai tertinggi dari survei THI dengan melibatkan 1.300 responden milenial yang diwawancarai secara langsung.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A, juga turut hadir secara langsung untuk memberikan apresiasi terhadap brand-brand yang berhasil menjadi yang teratas dalam penghargaan THA tahun 2023.
“Kami sangat mengapresiasi pelaksanaan Top Halal Award 2023, yang mana bisa menjadi sebuah motivasi bagi para brand untuk terus mengutamakan kualitas termasuk kehalalan produk. Selain memiliki penduduk yang mayoritas muslim, Indonesia juga menjadi salah satu pangsa pasar terbesar terutama bagi produk-produk halal di berbagai industri.” terang Sandiaga.
Ada dua parameter utama yang digunakan untuk menentukan Top Halal, yakni Brand Index dan Halal Index. Brand Index dibangun oleh top of mind awareness halal, brand yang dibeli atau digunakan terakhir kali, dan brand yang akan dibeli pada masa mendatang.
Sementara Halal Index dibangun oleh empat parameter, yaitu informasi dan komunikasi kehalalannya, persepsi kehalalan proses produksi, persepsi kehalalan bahan baku, serta persepsi kemasan atau penyajiannya.
Head of IHATEC Marketing Research sekaligus Executive of Steering Committee THA tahun ini, Anang Ghozali S.T., menegaskan bahwa pemenang THA berasal dari berbagai brand yang memenuhi dua ketentuan kriteria.
Pertama, brand memiliki indeks di atas rata-rata indeks kategori produknya, dan kedua, brand yang berdasarkan hasil survei berada pada posisi tiga besar dalam kategori produknya. "Sekilas tentang Top Halal Award, selain mengungkap sikap dan perilaku Milenial Indonesia terhadap produk halal, survei ini juga mengungkap sejumlah brand yang berhasil meraih Top Halal.