KKN-T UNUHA OKU Timur Lakukan Lima Program Unggulan ke Masyarakat

Selasa 25-07-2023,13:30 WIB
Reporter : redokutpos
Editor : redokutpos

SEMENDAWAI BARAT,OKUTIMURPOS.COM - Dihari kesebelas (XI) Mahasiswa Universitas Nurul Huda (UNUHA) OKU Timur melaksabakan KKN-T di Desa Tanjung Mas, Kecamatan Semendawai Barat.

Selain telah beradaptasi dengan lingkungan sekitar dan masyarakat, mahasiswa KKN-T ini juga telah melaksanakan berbagai program.

Mulai dari mendukung kemajuan pendidikan di desa tersebut, ekonomi, pemerintahan, keagamaan hingga bidang kebudayaan.

Menurut Anshori MKom selaku DPL, dalam bidang pendidikan, mahasiswa dan mahasiswi UNUHA telah berkontribusi membantu Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dì salah satu SD Negeri desa setempat.

Bahkan, para mahasiswa juga membuka bimbingan belajar (bimbel) membaca dan praktik mengoperasikan laptop bagi siswa-siswi.

Kemudian, dalam bidang ekonomi, mahasiswa UNUHA juga berkontribusi dalam menjalankan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Dìmana mereka membantu masyarakat mengeksplor petani pinang. Mulai saat pemanenan hingga proses pemasaran hasil panen. Selanjutnya dalam bidang pemerintahan.

Mahasiswa dan mahasiswi KKN-T ini berkerjasama dengan Karang Taruna, dan Kepala Desa membuat trobosan dan program program baru.

BACA JUGA:Yudi Risandi Tak Banyak Komentar, Soal Pengumuman Bawaslu Tunggu Saja

Yakni, pengaplikasian program aplikasi bumi Sriwijaya bersama aparatur desa setempat. Selain itu, dalam bidang budaya, mereka juga bersilaturahmi dìkediaman Ketua Adat Desa Tanjung Mas.

Yang terakhir yakni dalam bidang keagamaan. Para mahasiswa dan mahasiswi ini berkolaborasi dengan marbot masjid dalam rangka Jum'at bersih.

Serta berpartisipasi dengan ibu-ibu muslimat, mengikuti kegiatan pengajian rutin Jum'at siang.

Dalam kegiatan ini kata Anshori, mahasiswa dan mahasiswi juga melaksanakan bimbel anak-anak TPA dalam belajar dan mengenal huruf Hijaiyah

"Selama KKN-T kita mewajibkan mahasiswa-mahasiswi agar menyumbang ide-ide dan pemikiran baru. Hal ini mendukung kemajuan desa setempat," ungkapnya.

Sementara, Kepala Desa Tanjung Mas   H Erwan mengatakan, pihaknya sangat terbantu dengan adanya mahasiswa KKN-T desa.

Bahkan, ia menyampaikan apresiasi yang luar biasa ataa ide dan gagasan yang dìlakukan oleh para mahasiswa dan mahasiswi UNUHA OKU Timur.

"Yang jelas kami selaku pemerintah desa merasa sangat terbantu. Kami berharap sisa waktu yang ada ini, semoga semua kegiatan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang telah dìprogramkan," pungkasnya. (clau).

BACA JUGA:Dandim 0403/OKU Resmikan Penggunaan Air Bersih Hingga Pencanangan Percepatan Penurunan Stunting

Kategori :