Ini Penting Bagi Wanita, Mengetahui Gejala Kanker Rahim

Kamis 12-01-2023,10:39 WIB
Reporter : Pur
Editor : Pur

Kalau titik jantung berdasarkan teori Cang Fu, jantung ini menguasai Xie (darah dan pembuluh darah). Sen (daya berpikir, kesadaran, dan kecerdasan) serta keringat. Jantung juga berhubungan dengn lidah. Makanya, kondisi jantung juga bisa dilihat dari kondisi lidah. Titik jantung ini dibagian samping luar pergelangan tangan. Atau sisi luar pergelangan tangan. Baik tangan kiri maupun tangan kanan.

 

3. Titik Paru-paru

 

Menurut teori Meridian Tay Yin Tangan Paru-paru, titiknya berada di sisi pergelangan tangan bagian dalam atau samping dalam. Paru-paru menguasai Chi, seluruh tubuh dan pernafasan. Paru-paru berhubungan dengan dunia luar (bagian luar tubuh) melalui hidung dan tenggorokan. Oleh karena itu, kondisi paru-paru bisa dilihat dari kondisi hidung.

 

4. Titik Ginjal

 

Titik ginjal ini berdasarkan teori Meridian Sao Yin Kaki Ginjal adalah sama dengan teori Chang Fu. Menurut teori ini, ginjal memiliki fungsi : menyimpan Ching (partikel dasar yang membentuk manusia), menguasai cairan tubuh, menampung Chi, membentuk sumsum tulang belakang, menguasai otak, menguasai pertumbuhan, perkembangan dan reproduksi. Ginjal berhubungan dengan dunia luar tubuh melalui telinga, lubang anus, dan alat kelamin. Oleh karena itu kondisi ginjal dapat juga dilihat dari kondisi telinga.

BACA JUGA:3 Cara Agar Mata Anda Sehat

Tidak hanya mengetahui kondisi ginjal saja, tetapi kondisi peredaran darah, wasir atau buasir, dan gangguan organ wanita. Untuk mengetahui adanya penyakit atau pertumbuhan kanser atau kanker, tekanlah titik Chi dengan ujung jari telunjuk atau jempol. Titik chi ini berada di bawah pusat. Lebih kurang 1 cm di bawah pusat.

 

Jika titik chi ini terasa sakit ketika ditekan dan rasa sakitnya menjalar ke sekelilingnya seperti ada kejutan elektrik, itu berarti ada gejala tumbuhnya bibit kanker di organ wanita tersebut. Kemudian, jika titik ginjal atau chi terasa sakit ketika ditekan, itu artinya ada bibit kanker di organ rahim wanita. Semoga bermanfaat. (bersambung/purwadi)

 

 

Artikel ini diambil dari buku Perubatan Jawi, Teknik Diagnosis dan Perawatan karya Tn Haji Ismail bin Haji Ahmad) dari Malaysia

Kategori :