Cegah Stunting, Pemprov Sumsel Lakukan Pemeriksaan Kehamilan Istri Driver Ojek online

Selasa 13-12-2022,19:29 WIB
Reporter : redokutpos
Editor : asa

PALEMBANG, OKUTIMURPOS.COM - Pemprov Sumsel melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) bersama Gojek Palembang melakukan Periksaan kesehatan ibu hamil secara gratis dengan tujuan mencegah terjadinya kasus stunting pada anak bertempat di Kantor Gojek Palembang, Senin (12/12).

Dalam arahannya disela-sela membuka kigiatan tersebut, Wakil Ketua TP PKK Sumsel Hj Fauziah MY mengharapkan para ibu hamil sapatn memeriksakan kehamilannya secara rutin agar tumbuh kembang janin dapat diteksi kesehatannya.

"Perkembangan janin dapat dikontrol sejak dari dalam kandungan. Tujuannya agar tidak terlahir dengan tubuh kerdil atau stuntig," kata Fauziah. Dia juga mengingatkan para suami untuk dapat mendampingi istri selama maaa kehamilan.

"Peran para suami mendampingi sang istri saat mengandung, pastikan psikis mereka tetap terjaga ibu bahagia dan bayi sehat," tuturnya. Menurutnya, kondisi kesehatan dan gizi para ibu hamil sangat penting dalam mempengaruhi kesehatan tumbuh kembang janin.

"Kondisi para ibu hamil sangat mempengaruhi kesehatan dan pertumbuhan janin, karena itu asupan nutrisi harus tercukupi," tandasnya.

Sementara itu Kepala Dinas PPPA Sumsel, Henny Yulianti dalam laporannya menegaskan, pemeriksaan bagi ibu hamil tersebut diperuntukan bagi para istri driver online dengan jumlah ibu hamil sebanyak 106 orang. "Dalam percepatan penurunan stunting di Sumsel, Dinas PPPA akan terus melakukan salah satunya melalui kegiatan ini," kata Henny.

Henny berharap, para istri driver online merasa terbantu dengan adanya pemeriksaan gratis tersebut. "Kita harapakan para istri driver yang sedang hamil merasa terbantu dengan adanya kegiatan ini," ujarnya.

Ditempat yang sama, Kepala Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintahan PT Gojek Palembang, Kenn Lazuard Syarnubi mengharapkan kegiatan serupa bisa dilakukan dengan rutin. "Kami selaku mitra berharap kita bisa menjalin kerja sama kembali dan membuat kegiatan ini rutin minimal 2 kali dalam setahun," harapnya.

Kenn Lazuard mengungkapkan pemeriksaan gratis bagi ibu hamil tersebut menyedot antusias dari kalangan driver ojek online.

"Antusias dari para driver dan istri juga sangat tinggi, dan mereka tentu merasa terbantu dengan adanya bantuan yang kita berikan ini," tandasnya.

Diketahui , pemerkaan bagi ibu hamil itu juga sebagai kegiatan memeriahkan Hari Ibu ke 94 tahun, pada kegiatan tersebut para ibu hamil mendapatkan penyuluhan dari TP PKK Provinsi Sumsel dan bingkisan sembako. (ril)

Kategori :