Tren Usaha Menjanjikan, Modal Kecil, Untung Besar?

Rabu 02-11-2022,08:58 WIB
Reporter : redokutpos
Editor : asa

BANYAK cara untuk terus berinovasi di tengah kondisi ekonomi yang makin sulit. Tentunya, merintis peluang usaha dengan modal terjangkau, tetapi tetap eksis untuk menambah penghasilan keluarga.

Di Kota Martapura Kabupaten OKU Timur (OKUT) misalnya, belakangan usaha kecil menengah (UKM) terus berkembang. Baik yang beregrak di bidang kuliner, penjual pecah belah, makanan cepat saji, aneka minuman segar hingga jenis usaha lainnya.

Berikut beberapa jenis usaha menjanjikan di Kota Martapura:

1. Toko Pakaian Ofline/Online

Siapa bilang jualan baju segala usia harus modal besar. Hal tersebut sepertinya tidak berlaku di era sekarang. Contohnya, banyak pelaku usaha yang menjual pakaian berjejer di sejumlah sudut di Kota Martapura. Meraka menjual aneka pakaian baik pakaian anak-anak, jilbab dan sebagainya. Selain itu, pelaku usaha juga memanfaatkan era digital dengan berjualan pakaian secara online.

2. Uaha Angkringan, Warung Kopi hingga Nasi

Uduk Beberapa tahun terakhir, tempat nongkrong di Kota Martapura kian ramai. Tempatnya tidak perlu mewah, hanya membutuhkan beberaoa meja dan kursi, gerobak hingga penerangan secukupnya. Nah, ternyata usaha angkringan di Kota Martapura banyak ditemui, dan pengunjungnya pun ramai. Begitu juga warung kopi hingga penyedia sarapan pagi jenis ansi uduk dan sebagainya, menambah inovasi baru dalam membangun usaha yang tetap mempertahankan kearifan lokal.

3. Bisnis Waralaba atau Franchise

Bisnis lainnya yang banyak ditemukan di Martapura adalah Waralaba dan Franchise, ternyata usaha yanag satu ini memberi peluang menjanjikan, tanpa menggunakan modal besar.Bisnis Waralaba/franchise adalah usaha yang dijalankan dengan model kerjasama atau kemitraan dengan perusahaan yang produknya sudah dikenal luas. Bisnis franchise ini memiliki peluang usaha modal kecil yang menjanjikan.

Karena, Anda hanya perlu menjual produk yang terkenal tanpa Anda perlu memasarkan, yang tentunya lebih cepat mendatangkan pembeli. Sebenarnya bisnis waralaba atau franchise ini sudah berkembang lama, namun sebagian masyarakat masih beranggapan bahwa bisnis ini membutuhkan modal yang cukup besar dan hanya untuk bisnis makanan.

Kenyataannya, banyak pilihan waralaba yang memulai dari modal kecil dan pastinya bisnis franchise ini tidak hanya makanan. Kini sudah ada franchise jasa laundry, gas, jasa kirim barang, bahkan ada bisnis franchise tambal ban. Dengan demikian, bisnis waralaba atau franchise ini cukup menjanjikan untuk ada yang ingin usaha modal kecil.

Dengan modal yang terbatas, Anda bisa memulai bisnis dengan produk perusahaan ternama yang bisa Anda kembangkan dan memenuhi kebutuhan para pembeli. Kunci dari bisnis waralaba ini, Anda perlu melihat jeli peluang usaha tersebut, dan memilih jenis bisnis serta mitra bisnis yang baik.

4. Bisnis Makanan dan Minuman Sehat

Memulai usaha memang tidak mudah, membutuhkan kemauan yang gigih, tekad dan kerja keras. Tidak ada jenis usaha yang baru dirintis langsung tumbuh besar, semua harus berproses.

Nah, pilhan jenis usaha bagi pemula tentunya bisa dimulai dari hal-hal yang sederhana, seperti menjual makanan ringan hingga minuman sehat jenis jus yang bisa dimulai dengan modal yang terjangkau. Mencoba adalah pengalaman berharga untuk menjadikan pijakan awal untuk berkembang ke arah selanjutnya.

Kategori :