Aksi Germas Puskemas Way Hitam di Tingkat Sekolah

Rabu 26-10-2022,12:40 WIB
Reporter : redokutpos
Editor : asa

BELITANG JAYA,OKUTIMURPOSMCOM - Gerakan Masyarakat  Hidup Sehat atau biasa dikenal dengan istilah germas.

Germas telah menjadi suatu program indikator baik di tingkat Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah. Seperti yang dilakukan oleh Puskemas Way Hitam Kecamatan Belitang Jaya melakukan kegiatan Germas di tingkat sekolah.

 

Keberadaan germas diyakini mampu menggiatkan atau memberdayakan masyarakat dalam lingkup kesehatan, terutamanya pada promosi kesehatan dan pencegahan penyakit.

 

Salah satu rencana aksi pembudayaan germas adalah di tatanan pendidikan. Dengan munculnya banyak permasalahan kesehatan pada anak usia sekolah.

 

Maka perlu adanya pemberdayaan germas bagi masyarakat sekolah, seperti yang dilakukan oleh Puskemas Way Hitam yang melakukan kegiatan germas di Sekolah.  

 

Dengan aktifitas fisik secara teratur dan terukur, bersama-sama menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekolah, Cek kesehatan secara berkala, gizi seimbang dan kantin sehat di sekolah, dan edukasi perilaku hidup sehat.

 

Teguh Widodo SKM Kepala Puskesmas Way Hitam mengatakan, melalui germas, diharapkan masyarakat berperilaku sehat dan berdampak pada kesehatan yang terjaga dan terciptanya lingkungan yang bersih di berbagai tatanan, salah satunya institusi pendidikan/sekolah. 

 

“Sekolah merupakan salah satu tatanan yang potensial dilakukannya pemberdayaan masyarakat dalam upaya implementasi Germas. Anak usia sekolah merupakan sasaran strategis dalam pelaksanaan program kesehatan,” ujarnya.

 

Kategori :