Peringati Hari Kesakitan Pancasila dengan Membatik Bersama Ibu

Sabtu 01-10-2022,18:22 WIB
Reporter : redokutpos
Editor : asa

MADANG SUKU III, OKUTIMURPOS.COM - Pelajar SD Negeri 01 Trans Batumarta Kecamatan Madang Suku III membuat batik celup jumputan dalam memperingati hari kesaktian Pancasila. Namun kali ini ada yang berbeda, karena murid membatik dengan ibu.

 

Seperti yang dilakukan Faras (9)murid SD Negeri 01 Trans Batumarta bersama ibunya Daniah (37) sibuk membuat batik celup jumputan pada peringatan hari kesaktian.

 

Kali ini dilaksanakan untuk memperingati hari kesaktian Pancasila dan  sekaligus merayakan hari batik nasional yang jatuh pada tanggal 03 Oktober 2022.

 

Faras bersama 191 siswa lainnya sedang memperingati Hari Kesaktian Pancasila di halaman  SD Negeri 01 Trans Batumarta Kecamatan Madang Suku III.

 

Selain melaksanakan kegiatan membatik bersama ibu para siswa juga melaksanakan kegiatan upacara hari kesaktian Pancasila dengan menggunakan atribut batik nasional, murid-murid SD ini tampil modis dengan mengunakan batik batik bermotif nusantara. 

 

Kepala sekolah SD Negeri 01 Trans Batumarta Suwardi S Pd menjelaskan, kegiatan yang di gagas oleh siswa orang tua dan dewan guru kali ini adalah perwujudan warga sekolah  puzzle untuk  mengenalkan jiwa nasionalisme kepada anak-anak. 

 

"Anak-anak harus sejak dini diajarkan mengenal sejarah negara. Lalu juga dijelaskan bagaimana mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Yang terpenting adalah bagaimana mereka mencintai negaranya," jelasnya. 

 

Kedepan masih banyak lagi kegiatan kolaborasi antara sekolah siswa dan orang tua untuk lebih mengaktualisasikan konsep gatra Pendidikan milik kihajar dewantara.

Kategori :