Air Sungai Mulai Pasang, Warga di Bantaran Sungai Perlu Waspada

Kamis 08-09-2022,09:05 WIB
Reporter : asa
Editor : asa

MARTAPURA, OKUTIMURPOS.COM – Waspada sejak dinin akan bahaya banjir sepertinya harus dilakukan bagi warga yang berada di bantaran sungai Komering. Pasalnya, dalam beberapa hari terakhir air sungai mulai pasang.

 

Pengamatan di lapangan Kamis 8 Agustus 2022, sungai Komering yang sebelumnya surut dalam beberapa hari terakhir terus pasang. Penyebabnya, selain hujan yang terus mengguyuri sebagian wilayah OKU Timur (OKUT), di lain pihak kiriman air dari hulu terus terjadi. Akibat air pasang inipun, penambang pasir manual yang biasanya terlihat, tampak tak beraktivitas.

 

“Sungai lagi pasang, karena bagian hulu di wilayah Muaradua kemungkinan hujan. Secara otomatis air dari hulu mengalir ke hilir,” ungkap warga di sekitar bantaran sungai. Kata dia, seperti biasanya, kalau air pasang maka Sebagian aktivitas penambang pasir manual libur.

 

Senada disampaikan Irwan (45), warga yang bermukin di bantaran sungai ini mengaku harus terus waspada manakala air sungai pasang. “Yang repot itu kalau banjir datang malam hari, kita sudah tertidur, eh malah banjir. Ya, kejadian yang sudah-sudah sering begitu,” terangnya.

 

Walau mengaku sudah terbiasa dengan kondisi banjir, ia berharap musibah tahunan ini tidak terjadi. “Semoga saja gak banjir kalaupun air pasang. Yang aksihan kami ini yang tinggal di bantaran sungai, sudah jadi langganan,” terangnya. Ia berharap ada penanganan banjir dilakukan pemerintah, agar air pasang ini tidak membuat warga gelisah. (asa)

 

 

 

 

Kategori :