Bupati Bakal Buka Akses Jalan Baru

Minggu 07-08-2022,17:43 WIB
Reporter : CLAUDEO HALENDEA
Editor : asa

OKUTIMURPOS.COM. MARTAPURA - Guna membuka akses jalan baru dari Desa Peracak Jaya menuju Desa Tumi Jaya. Bupati OKU Timur Lanosin (Enos) bersama Kadin PUTR Aldi Gurlanda menggunakan motor trail masuk ke hutan untuk meninjau lokasi jalan.

Akses jalan yang akan dibangun juga diantaranya menuju sungai Komering yang terdapat pulau pasir dan dinilai memiliki potensi jadi objek wisata.

Dalam waktu dekat, akan segera dilakukan pembangunan jalan di lokasi tersebut dengan panjang diperkirakan mencapai 1 Kilometer.

"Awalnya masyarakat Desa Peracak Jaya ini bertemu saya dirumah Dinas untuk minta didatangi desa mereka, dengan menyampaikan usulan minta jalan Desa Peracak Jaya itu bisa ditembuskan ke Desa Tumi. Usulan ini salah satunya bertujuan untuk mendorong mempermudah akses menuju Desa Wisata di Desa Mereka," ucap Bupati Enos yang juga didampingi Kadin Perkim Danan Rahmat dan Kepala BPKAD OKU Agustian Pahrimale.

Menurutnya, Desa Wisata itu tidak serta merta ditunjuk, tapi harus ada embrio dari masyarakat. "Di Desa Peracak Jaya ini ada potensi wisata seperti ada pulau pasir. Setelah kita tinjau tadi perkiraan 1 kilo meter jalan yang perlu dibangun dari Desa Peracak Jaya menuju Desa Tumi Jaya. Senin ini Insya allah kita mulai pembuatan badan jalan terlebih dahulu," kata Bupati.

Tidak hanya itu, Bupati beserta rombongan ini juga menyisir lokasi untuk meneliti membuat feasibility study (FS) studi bagaimana dapat mengurangi apabila terjadi kemacetan di Kecamatan Martapura, sehingga harus mempersiapkan jembatan satu lagi atau jembatan Komering dua. "Rencana yang akan kita siapkan lokasi Jembatannya dari Desa Kota Baru Selatan Kecamatan Martapura tembus Pabrik Jarak terus ke Desa Peracak Jaya lalu menyeberang sungai Komering menuju ke Kecamatan Bunga Mayang," kata Bupati.

Sementara Kepala Dinas PUTR Aldi Gurlanda, ST mengatakan, sesuai arahan Bupati tadi akan dibuka akses jalan baru dari desa Peracak Jaya menuju Desa Tumi Jaya karena di Desa Peracak Jaya ini ada potensi destinasi wisata ada pulau pasir dan koral yang bisa disamakan seperti daerah Bali seperti baywood "Sesuai harapan masyarakat tadi dalam beberapa hari kedepan grader PUTR untuk Pembentukan jalan sudah mulai dilakukan.

Untuk jembatan Komering itu setelah FS maka nanti kita akan membuat DED semoga ini bisa terwujud sesuai harapan Pak Bupati dapat membantu mengurai Kemacetan yang bisa terjadi di sejumlah wilayah di Kecamatan Martapura," pungkasnya. (clau)

Kategori :