Buka MPLS, Edi Subandi Ajak Sekolah Tumbuhkan Motivasi Pelajar

Selasa 19-07-2022,07:02 WIB
Reporter : redokutpos
Editor : asa

OKUTIMURPOS.COM. MARTAPURA - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) OKU Timur Wakimin SPd MM melalui Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Edi Subandi SE MM membuka secara resmi pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMP N 2 Martapura, Senin (18/7).

MPLS dimulai ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar, Kepala Sekolah, Pengawas dan Ketua Komite sekolah. Dalam arahannya Edi mengatakan, selama MPLS berlangsung diharapkan pihak sekolah bisa memotivasi para siswa-siswi agar lebih semangat dalam belajar. Kemudian, ia juga berpesan pihak sekolah bisa mengenali potensi peserta didik baru melalui formulir profil peserta didik yang terdiri dari identitas, riwayat kesehatan, potensi/bakat, sifat/perilaku dan profil orang tua/wali.

"Selain mengenalkan lingkungan sekolah, MPLS ini juga sebagai ajang menumbuhkan perilaku positif, jujur, mandiri, menghargai dan menghormati keanekaragaman. Kemudian siswa-siswi juga hendaknya diberikan pemahaman mengenai persatuan, disiplin, hidup bersih dan sehat," ucap Edi.

Dalam kesempatan itu, Edi juga mengatakan para dewan guru juga wajib membantu peserta didik beradaptasi dengan aspek keamanan, fasilitas umum dan sarana prasarana sekolah.

"Guru juga wajib mengembangkan interaksi positif antar peserta didik dan warga sekolah lainnya. Serta Kepala Sekolah bertanggungjawab penuh atas perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam MPLS ini," tegasnya.

Sementara, Kepala SMPN 2 Martapura Maya Susanti MPd mengucapkan terimakasih kepada Disdikbud OKU Timur yang telah membuka secara resmi pelaksanaan MPLS disekolahnya. "Yang jelas MPLS di SMPN 2 Martapura tahun ini agak sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Sebab kita akan mengaplikasikan sesuai dengan Program Sekolah Penggerak (PSP). Nanti siswa-siswi akan kita bagi dengan kelompok-kelompok," jelas Maya. (inz).

Kategori :