Usaha Ternak Ikan Gurame Cukup Menguntungkan

Sabtu 02-07-2022,16:05 WIB
Reporter : redokutpos
Editor : asa

OKUTIMURPOS.COM, BELITANG - Usaha ternak ikan gurame sangat menguntungkan, karena ikan gurame menjadi salah satu komoditi yang sangat enak dipadukan dengan berbagai macam kuliner.

Gurame salah satu ikan yang berukuran besar dengan kualitas daging yang enak dan lezat. Bahkan dalam menu restoran atau tempat kuliner selalu menyertakan jenis ikan yang satu ini.

Banyak orang tertarik untuk mencoba keberuntungan dan membidik bisnis ternak ikan gurame, peluang bisnis ini terbilang besar. Seperti petani ikan Gurame milik Manudin warga Desa Tawang Rejo Kecamatan Belitang, ari segi modal sampai persiapan lahan tentu membutuhkan modal yang cukup lumayan.

"Namun dalam menekuni bisnis ternak ikan gurame tentu hasil atau profit yang dihasilkan sangat lumayan," ujarnya.

Karena harga jual ikan ini mencapai Rp31.500 perkilogramnya. Tentu dibandingkan harga ikan lain, ikan gurame lebih mahal. "Mengingat wilayah Belitang khususnya, masih sedikit minat masyarakat untuk budidaya," imbuhnya.

Karena ikan gurame untuk siap jual dikisaran umur satu tahun, dengan ukuran perekor 8 ons sampai 1 kilogram bahkan ada yang lebih.

Namun komoditas lauk pauk jenis ikan gurame memiliki banyak peminat, ikan gurame memiliki pasar yang cukup luas. Bahkan permintaanya relatif stabil dari waktu ke waktu. Pangsa pasar yang luas sangat memudahkan para peternak ikan gurame untuk memasarkan hasil panen mereka.

"Kalau informasinya ikan saya ini akan di jual di Jakabaring, Palembang," ucapnya. Ia mengaku untuk saat ini ikan yang ia panen berjumlah 2500 ekor. Dengan modal awal sampai panen kisaran 27 juta.

Ikan gurame yang memiliki harga yang relatif stabil dan tinggi. Biasanya ikan gurame dijual dalam setiap kg atau kilogramnya. Harga yang relative stabil memberikan keuntungan dan pendapatan yang sesuai untuk para peternak.

"Untuk jumlah ikan yang akan kita jual sekitar 2 ton atau 2000 kilogram, tentu dengan harga jual Rp31000 perkilo. Tentu sudah kelihatan berapa keuntungannya," jelasnya.

Ia budidaya ikan Gurame Ini sejak tahun 2019, namun awalnya hanya sedikit yang ia ternak. "Awalnya hanya kisaran 500 bibit gurame. Namun setelah melihat prospek yang cukup lumayan ia terus mengembangkan potensi budidaya ika gurame," pungkasnya.(Dira)

Kategori :

Terkait